Siantar, hetanews.com - Dalam rangka bulan suci Ramadhan 1438 H, MPC Pemuda Pancasila (PP) Kota Siantar menggelar kegiatan buka puasa bersama 150 orang anak yatim dari 8 Kecamatan, bertempat di Jalan Gunung Simanuk-manuk, Kecamatan Siantar Barat, Jumat (8/6/2018).

‎Ketua PP Siantar, Ronald Darwin Tampubolon  menyampaikan, kegiatan ini digelar merupakan intruksi DPW PP Sumut sebagai bentuk sosial maupun kepedulian PP terhadap masyarakat.

"Sebenarnya‎ rencana di tanggal 12 bulan ini, namun harus dipercepat, karena disana juga kegiatan buka puasa bersama dengan DPW. Jadi harus kita percepat," ucapnya.

Ronald menuturkan, kegiatan puasa bersama ini, bukan yang pertama kali dilakukan PP, namun sudah kegiatan tahun kedua. Yang pertama di Kelurahan Timbang Galung, Kecamatan Siantar Barat.

"Dan ini akan terus berlanjut setiap tahun," ujar anggota DPRD Kota Siantar itu sembari memohon dukungan doa kepada masyarakat  agar pasangan Calon Gubernur Sumut nomor urut 1, Edi Ramayadi dan Musa Rajekshah (Eramas) memang dalam Pilgubsu ini.

Camat Siantar Barat, Syaiful Rizal, yang turut hadir dalam kegiatan itu, mengaku mengapresiasinya. Menurutnya, kegiatan tersebut harus jadikan peluang ajang kebangkitan pemuda pemudi Kota Siantar. 

"Kami selaku Pemerintah Kecamatan akan terus mendukung lahirnya pemuda-pemuda. Sore hari ini telah membuktikan PP sudah bertransformasi, di mana zaman dulu dikenal tampang yang seram," ujarnya.

‎Ketua MPC Pemuda Pancasila Siantar, Ronald Darwin Tampubolon bersama para pengurus dan anggota PP.

"Hari ini saya buktikan PP orang ganteng-ganteng, cantik-cantik dan ramah-ramah. Sehingga jauh dari kesan seperti PP jauh sebelumnya," katanya lagi.

Al Ustad, Faidil Siregar dalam tausiahnya menyampaikan, kewajiban puasa bukan dilakukan orang Islam saja. Seperti Hindu puasa untuk suami dan Budha untuk kesehatan.

"Berpuasalah kamu, supaya kamu sehat selain memperdekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa (TYME)," ujarnya

Lanjutnya, puasa itu juga sebagai bentuk untuk jati diri yang disiplin.‎ Karena dalam puasa itu punya waktu-waktu tertentu. Mulai habis sahur sebelum masuknya waktu subuh sampai nantinya berbuka.

"Selanjutnya jaga pandangan dan lisan perkataan jangan sampai menyakitkan hati. Lebih bagus diam, diam itu adalah emas.‎ Dan jaga semua segala nafsu," kata Faidil.

Selain melakukan buka puasa bersama, PP Siantar juga membagikan takjil gratis kepada masyarakat yang melintas di Jalan Gunung Simanuk-manuk tersebut. Kegiatan itu dilanjutkan dengan Shalat Magrib bersama.