HETANEWS
ADVERTORIAL

PT TPL Gelar Pemeriksaan Kesehatan 1.047 Pelajar SD di Porsea

Staff CSR TPL Zultia Safitri mendampingi Romeo Butar-butar pada saat pemeriksaan gigi dalam acara pemeriksaan kesehatan gratis yang dilaksanakan TPL (foto/aldy sitorus)

Simalungun, hetanews.com-PT Toba Pulp Lestari Tbk (TPL) kembali menyelenggarakan pemerikasaan kesehatan bagi anak sekolah dasar (SD).

Kali ini kegiatan ini dilaksanakan di Kecamatan Porsea, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa ).

Ini merupakan kegiatan lanjutan yang dilaksanakan TPL, setelah sebelumnya program serupa dilaksanakan di Kecamatan Parmaksian

Para pelajar Sekolah Dasar (SD) yang mengikuti pemeriksaan kesehatan gratis ini berasal dari 5 sekolah di Kecamatan Porsea yakni, SDN 173635, SDN 173634, SDN 178064, SD 174559 dan MIN Lumban Gurning/Porsea.

Program yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Tobasa itu menghadirkan 13 dokter dari Puskesmas setempat. Dokter-dokter ini melakukan pemeriksaan mulut, gigi, berat badan, kulit, telinga hidung dan tenggorokan (THT), serta mata kepada semua pelajar.

Ramida Siringoringo selaku Manager Community Development (CD) PT TPL, mengatakan, program yang dilaksanakan ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan 1.047 siswa/i SD di sekitar areal perusahaan dan mendeteksi sejak dini kondisi kesehatan.

Ramida juga mengatakan, bahwa masih banyak anak sekolah yang belum rutin melakukan perawatan gigi dan mulut.

"Program pemeriksaan kesehatan anak ini mendukung pemenuhan hak anak bidang kesehatan serta pemenuhan kesehatan sesuai Sustainable Development Goals (SDG)," paparnya.

Kepala Sekolah (Kepsek) SDN 174559 Siraituruk, Sonti Simangunsong, mengaku bangga akan program yang dilakukan TPL.

“Pemeriksaan kesehatan anak ini sangat baik, sehingga anak dapat mengetahui cara merawat kesehatan terutama mulut dan gigi. Bila anak sehat maka akan semakin baik belajar dan semakin berprestasi. Terima kasih banyak buat PT TPL,” pungkasnya

Sementara, Gracia Sirait, siswi kelas 2 SDN 174559, mengaku senang mengikuti pemeriksaan kesehatan gratis ini.

“Saya senang karena mendapat sikat gigi, vitamin dan susu. Tadi juga sudah belajar cara menggosok gigi yang baik dari ibu dokter,” kata Gracia.

Program pemeriksaan kesehatan ini merupakan kegiatan lanjutan setelah sebelumnya program serupa dilaksanakan bagi 1.234 orang pelajar SD Kecamatan Parmaksian dan 2.000 orang dewasa. 

Penulis: aldy. Editor: abn.