HETANEWS.COM

Pemkab Asahan Bentuk Perda Jaminan Ketenagakerjaan 

Penyerahaan santunan Jaminan Kecelakaan Kerja yang disaksikan Sekda Asahan, Taufik. (foto/heru)

Asahan, hetanews.com - Peduli terhadap pekerja dengan memberikan jaminan sosial melalui pembentukan Peraturan Daerah (Perda),  Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan mengapresiasi Pemkab Asahan.

Hal ini disampaikan Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sumbagut, Umardin Lubis.

"Kita berikan penghargaan dan apresisasi kepada Pemkab Asahan yang telah membentuk Perda tentang jaminan ketenagakerjaan,” ujarnya dalam acara coustomer gathering BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kisaran dirangkai dengan buka puasa bersama di aula salah satu  hotel di Kisaran.

Umardin menyampaikan, dengan adanya Perda itu  maka hak seluruh warga negara terhadap perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan , khususnya Kabupaten Asahan dapat terjamin dengan seutuhnya. Bahkan membantu BPJS Ketenagakerjaan memberikan perlindungan.

“Sebelumnya Pemkab Raja Empat yang membuat regulasi Perda terhadap dukungan implementasi program jaminan sosial ketenagakerjaan, lalu Asahan menjadi daerah kedua,” ujar Umardin dihadapan mitra kerja BPJS Ketenagakerjaan. 

Sementara itu Penjabat Sekeretaris Daerah (Sekda) Taufik menjelakan, bahwa Pemkab setempat tetap memberikan dukungan kepada BPJS Ketenagakerjaan untuk melakukan perlindungan tenaga kerja warga Asahan, dengan dibuktikan adanya Perda terkait tenaga kerja tersebut. 

"Kedepan kita akan minta surat pernyataan bagi warga yang akan mendirikan perusahaan. Ini komitemen pemerintahan yang akan diatur oleh dinas terkait,” ungkap Sekda.

Menurut Taufik, pogram ini sangat tepat yang juga selaras dengan visi misi Pemkab Asahan yaitu, Asahan Sehat Cerdas dan Mandiri, dehingga dan secara tidak langsung telah melindungi tenaga kerja di daerah itu.

Selanjutnya kegiatan coustomer gathering dirangkai dengan pemberian santunan jaminan kecelakaan kerja kepada ahli waris. Yakni ahli waris dari almarhum Sulaiman dari PT Lonsum Gunung Melayu sebesar Rp 130 juta lebih dan ahli waris almarhum Timin pegawai PDAM Titra Silau Piasa Asahan Rp 81 juta lebih.

Lalu acara diisi dengan  penyerahan kartu serifikat kepesertaan, penyantunan anak yatim, pengenalan program perumahan untuk tenaga kerja dan pemberian tausiah menjelang berbuka puasa.

Penulis: heru. Editor: aan.

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!