Siantar, hetanews.com - Menjalani Bulan Suci Ramadhan, Keluarga Besar Denkesyah 01.04.01 Rumkit Tk IV 01.07.01 menggelar acara berbuka puasa bersama sekaligus menyantuni beberapa anak-anak yatim maupun piatu, bertempat di Gedung Serbaguna RST Siantar, Rabu (6/6/2018).

Mengawali acara dengan penampilan beberapa tembang-tembang islami yang dibawakan oleh beberapa staf karyawan. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Alwi Maarif. 

Kepala Rumkit, Mayor CKM Hadi Zulkarnain, dalam sambutan singkatnya mengatakan, bahwa dirinya bersyukur seraya berterima kasih atas terselenggaranya acara buka puasa dan bisa berbagi lewat pemberian santunan bagi anak yatim maupun piatu tersebut. 

“Saya mengucapkan syukur dan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras untuk mempersiapkan acara buka puasa bersama dan pemberian santunan bagi anak yatim maupun piatu ini,” ucapnya singkat.

Dandenkes 01.04.01 Siantar, Letnan Kolonel CKM Suhartono berharap, semoga di Bulan Suci Ramadhan ini pahala akan semakin dilipatgandakan bagi umat-Nya.

“Semoga di Ramadhan ini, pahala akan semakin dilipatgandakan bagi kita semua sebagai umat Islam. Semoga yang kita lakukan ini menjadi syiar bagi umat Islam, khususnya di wilayah Siantar-Simalungun. Wabillahi taufiq wal hidayah, Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh,” ucapnya.

Setelahnya, pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) secara simbolis kepada beberapa staf karyawan dan disusul dengan pemberian santunan kepada 50 orang anak-anak yatim dan piatu dari beberapa wilayah seperti anak yatim Nurul Ihsan Naga Huta, Batu VI dan Jalan Singosari oleh Kepala Rumkit dan Dandenkes 01.04.01 Siantar.

Usai pemberian THR dan pembagian santunan, dilanjutkan dengan acara hiburan, yakni undian doorprize bagi staf maupun karyawan Rumkit hingga detik-detik waktu berbuka puasa.

Sementara itu untuk mengisi siraman rohani bagi semua audiens yang hadir, Ustadz Zainal Abidin dalam tausiyahnya mengangkat soal pentingnya menjalani puasa di Ramadhan seperti saat ini. 

“Puasa itu diwajibkan bagi kita umat Islam. Seseorang agar ia menjadi orang yang cerdas, haruslah berpuasa. Sebagai contoh, seperti halnya ular yang akan hendak berganti kulit, ia berpuasa tidak makan dan tidak minum demi mendapatkan kulit yang baru yang lebih baik dari sebelumnya,” sebut Zainal.

Dalam acara berbuka puasa ini juga turut hadir Wadandenkes Kapten Rusli, Direktur Akper Rumkit, para dokter spesialis, dokter umum, staf dan perawat, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Siantar beserta beberapa stafnya, serta anak-anak yatim dan piatu.

Di akhir acara, salah seorang penanggung jawab panitia acara, Jonsuari Barus selaku Kabag Verifikasi Rumkit dan didampingi Kepala Rumkit berharap, kiranya acara malam ini diridhoi Allah SWT dan mendatangkan berkah bagi semua. 

“Semoga di masa-masa mendatang, acara seperti ini juga dapat kita laksanakan lagi. Sehingga pahala dari Allah SWT semakin dilipatgandakan bagi kita semua,” ucapnya.