HETANEWS

Masinton Bela Bamsoet yang Tak Penuhi Panggilan KPK

Masinton Pasaribu. (Tsarina Maharani/detikcom).

Jakarta, hetanews.com- Anggota Komisi III DPR Masinton Pasaribu membela Ketua DPR Bambang Soesatyo yang tak dapat memenuhi panggilan KPK sebagai saksi kasus e - KTP hari ini. Masinton menjelaskan, padatnya jadwal Bamsoet sebagai Ketua DPR sebagai penyebabnya.

"Ketidakhadiran Ketua DPR memenuhi panggilan KPK hari ini dikarenakan Ketua DPR harus memenuhi kegiatan kelembagaan DPR yang sudah terjadwal sejak jauh hari," kata Masinton, dalam keterangan tertulisnya, Senin (4/6/2018).

Masinton meminta KPK memahami alasan ketidakhadiran Bamsoet. Ia juga meminta agar ketidakhadiran Bamsoet ke KPK tidak dijadikan polemik yang berkepanjangan.

"Tidak menjadikannya sebagai polemik opini seperti yang disampaikan oleh juru bicara KPK ke media massa dengan tudingan opini Ketua DPR tidak patuh hukum," ujarnya.

Masinton mengatakan, dalam Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) diatur mekanisme pemanggilan terhadap saksi. Saksi, kata Masinton, memiliki 3 kali kesempatan hingga upaya pemanggilan paksa dalam hal pemanggilan.

"KPK berpedoman saja pada mekanisme KUHAP bukan bermain opini yang mendiskreditkan Ketua DPR. Pimpinan KPK harus menertibkan personel institusinya agar tidak liar, menjaga tertib hukum dan kondusif," kata Masinton.

Berdasarkan mekanisme itu, Masinton mengingatkan KPK agar memahami mekanisme pemanggilan yang sudah jelas diatur dalam KUHAP itu. Ia juga mengingatkan agar pimpinan KPK selaku penanggung jawab utama KPK, mengerti etika kelembagaan negara, di mana pemanggilan saksi seorang Ketua DPR seharusnya disampaikan langsung oleh pimpinan, bukan juru bicara.

"Apalagi pernyataan-pernyataan yang disampaikan oleh juru bicara KPK sungguh tidak memahami tugas-tugas kelembagaan DPR yang sedang dilaksanakan oleh Mas Bamsoet sebagai Ketua DPR," pungkasnya.

Sebelumnya, Bamsoet diagendakan diperiksa dalam penyidikan kasus e-KTP atas tersangka keponakan Setya Novanto, Irvanto Hendra Pambudi Cahyo dan pengusaha Made Oka Masagung, hari ini. Selain Bamsoet, KPK juga telah melayangkan surat panggilan kepada anggota DPR lainnya sebagai saksi dalam kasus ini.

Dari sekian nama yang dipanggil, hanya Bamsoet yang absen. Bamsoet sebelumnya juga telah menyampaikan alasannya tidak bisa hadir memenuhi panggilan KPK.

Sumber: Detik.Com

Editor: gun.