Wed 14 Nov 2018
ADVERTORIAL

TPL Serahkan Bantuan APE Dalam pada 2 PAUD di Borbor dan Pintu Air di Desa Silaen

PT TPL menyerahkan bantuan alat permainan edukatif (APE) dalam ruangan kepada dua PAUD, di Desa Lintong dan Desa Janji Maria, Kecamatan Borbor, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Rabu (30/5/2018), lalu. (foto/aldy)

Tobasa, hetanews.com - PT Toba Pulp Lestari Tbk (TPL) menyerahkan bantuan Alat Permainan Edukatif (APE) dalam ruangan kepada PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), di Desa Lintong dan Janji Maria, Kecamatan Borbor, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Rabu (30/5/2018) lalu.

Bantuan APE dalam ruangan itu, sebagai bentuk komitmen perusahaan terhadap dunia pendidikan yang sejalan dengan misi perusahaan, yakni good for community (baik untuk masyarakat) dan good for country (baik untuk bangsa). 

Serah terima bantuan APE itu, diberikan oleh staf Community Development (CD) PT TPL estate Habinsaran, Puji Lestari.

Desa Lintong dan Janji Maria, merupakan desa yang berada di Kecamatan Bobor, bersebelahan langsung dengan wilayah hutan tanaman industri (HTI) PT TPL Estate Habinsaran.

“PAUD merupakan jenjang pendidikan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan. Kami berharap, bantuan ini menjadikan anak-anak didik lebih semangat dalam belajar, khususnya di kecamatan Borbor,”/ujar Manajer CD PT TPL, Ramida Siringoringo.

Kepala Desa (Kades) Lintong, Inten Pasaribu, mengapresiasi bantuan APE dalam dari PT TPL kepada PAUD Serasi.

“Kami berterimakasih atas perhatian dan niat baik perusahaan terhadap anak-anak kami. Kami yakin, bantuan ini membuat anak-anak semakin rajin untuk belajar dan bermain,” ujar Inten Pasaribu.

Inten menambahkan, bahwa PAUD Serasi yang hingga saat ini masih menumpang di salah satu rumah warga akan segera pindah ke gedung permanen yang sedianya akan digunakan mulai bulan Oktober mendatang.

Januari Sitinjak, salah satu dari 2 orang tenaga pengajar di PAUD Serasi, mengaku terbantu dengan adanya bantuan APE dalam untuk ke 19 anak didiknya.

“Kami merasa senang karena ada perhatian dari PT TPL. Sebelumnya, alat permainan anak-anak berasal dari dana sukarela orang tua anak didik. Kini anak-anak memiliki APE yang lebih lengkap dan bervariasi,” ujar Januari Sitinjak yang sudah mengajar di PAUD Serasi selama 3 tahun ini.

Hal senada juga diungkapkan Ketua PAUD Memersatu, di Desa Janji Maria, Tumpak Pasaribu, melalui Sekretaris PAUD Memersatu, Susanto Simanjuntak.

“Kami termasuk masyarakat yang sangat mengharapkan bantuan ini. Sejak tahun 2008, PAUD ini hanya memiliki alat permainan seadanya dan berasal dari sukarela para orang tua anak didik. Terima kasih untuk perusahaan yang telah membuat wajah-wajah anak didik kami semakin bahagia,” ujar Susanto Simanjuntak. Salah satu tenaga pengajar PAUD Memersatu, Dina Uli Pakpahan, juga mengapresiasi bantuan dari PT TPL.

PT TPL Serahkan Bantuan 10 Pintu Air di Desa Silaen

PT TPL juga menyerahkan bantuan pembangunan 10 pintu air di desa Silaen Tobasa.(foto/aldy)

Pada hari yang sama, PT TPL juga menyerahkan bantuan pembangunan 10 pintu air di Desa Silaen, Kecamatan Silaen, Kabupaten Tobasa.

Serah terima bantuan 10 pintu aur ini diberikan oleh Manajer Humas PT TPL estate Habinsaran, Bedman Ritonga, didampingi staf Humas PT TPL estate Habinsaran, Takkas Tambunan, dan staf Community Development (CD) PT TPL Estate Habinsaran, Puji Lestari.

Kades Silaen, Baringin Silaen, mengapresiasi perhatian perusahaan akan kebutuhan pengairan sawah bagi warga di desanya.

“Kami berterimakasih dan sangat terbantu dengan adanya pintu air ini karena bermanfaat bagi 700 hektar lahan sawah,” ujar Baringin Silaen.

Baringin menambahkan, bahwa sebelumnya sekitar seperempat dari 700 hektar lahan sawah di Desa Silaen tidak lagi produktif karena sistem pengairan sawah yang tidak efektif.

“Kini 671 KK (Kepala Keluarga) di Desa Silaen yang sebagian besar bekerja sebagai petani kini terbantu berkat adanya pintu air ini dan semoga panen di tahun-tahun mendatang sesuai dengan harapan,” ujar Baringin.

Penulis: aldy. Editor: gun.