HETANEWS

7 Orang Diringkus Polisi, Mulai Perantara, Pengedar Hingga Bandar Sabu

Ke 7 orang yang berhasil dibekuk Sat Narkoba Polres Siantar dengan menunjukan barang bukti masing – masing. (foto/res)

Siantar, hetanews.com - Satuan Reserse Narkoba Polres Siantar berhasil meringkus 7 orang, mulai dari pengecer, pengedar, perantara, pengantar hingga bandar sabu dari tempat yang berbeda. 

Dalam penangkapan itu, petugas mendapatkan informasi dari masyarakat yang memberitahukan bahwa ada 2 orang pria lagi di depan Warnet Seven, di Jalan Mojopahit, sedang membawa narkotika jenis sabu. 

"Kita berhasil meringkus 2 orang pria yang bernama Kristanto Fransiskus Butarbutar alias Kisto dan Novembly Panggabean alias Midun. Dari keduanya kita mengamankan sejumlah barang bukti, berupa 1 paket narkotika jenis sabu yang terletak di atas tanah," ungkap Kasat Narkoba, AKP Erwin Tito, Sabtu (2/6/2018) sore. 

Selanjutnya, setelah ditanya petugas dari mana mendapatkan barang tersebut, kedua pun mengatakan kalau sabu itu diperoleh dari seorang wanita yang bernama Ayu Faradita alias Ayu, di Jalan Patuan Anggi Gang Kinantan. 

"Kita pun langsung bergerak cepat untuk melakukan pengembangan terhadap wanita yang telah disebutkan namanya oleh tersangka. Dan kita berhasil meringkus Ayu, di Gang Kinantan. Kita juga menemukan uang pembelian sabu sebesar Rp 60.000 dan 1 unit handphone (HP) merk Nokia," papar Erwin.

Kemudian Ayu mengatakan, kalau dirinya memperoleh sabu dari pria bernama Sonang Mawardi Parlinhgoman Purba alias Linggom, di Jalan Ahmad Yani, tepatnya di Showroom Arnol.

Lanjut Erwin, namun saat petugas hendak berangkat, terlihat 2 orang pria yang diketahui bernama Muhammad Andirano alias Aan dan Alamsyah Putra Siregar. Dari keduanya, petugas mengamankan 1 paket narkotika jenis sabu, 1 bungkus plastik klip, 1 buah isolasi dan 4 buah pipet.

Kemudian, petugas langsung mencari Sonang Mawardi dan berhasil diringkus di Jalan Patuan Anggi, Kelurahan Sukadame, Kecamatan Siantar Utara. Dia saat itu sedang duduk di atas sepeda motor Honda Supra X nomor polisi (nopol) BK 2117 LF. 

"Dan saat kita lakukan penggeledahan, menemukan dari kantong celana sebelah kanan Sonang, berupa 1 buah kotak plastik warna hijau berisi 17 paket narkotika diduga jenis sabu. Kemudian ditemukan, 1 buah tas warna biru berisi 1 unit HP merk Strawberry, 1 unit HP merk Mito dan uang sebesar Rp 190.000," pungkasnya. 

Saat ditanya petugas, dari mana Sonang mendapatkan barang haram tersebut, dia mengaku dari seorang pria yang diketahui bernama Andrian Sihombing alias Pak Ica, di Jalan Rondahaim Gang. Perumahan Dos Roha (Cafe Hunter), Kelurahan Tanjung Pinggir, Kecamatan Siantar Martoba. 

"Dan setelah berhasil meringkus Pak Ica, kita menemukan barang bukti, berupa 1 buah kunci mobil terletak di atas meja, 1 buah bong yang terbuat dari botol warna hijau lengkap dengan pipetnya dan dari kantong celana ditemukan uang sebanyak Rp. 2.057.000. Sementara dari pot bunga ditemukan 1 unit HP merk Samsung,” beber Erwin.

Lanjutnya, kemudian polisi juga melakukan penggeledahan di dalam mobil yang direntalnya dan menemukan 1 paket narkotika jenis sabu dan di lantai mobil, tepatnya di belakang kursi supir. Sementara dari dashboard mobil, ditemukan 1 lembar STNK asli Avanza warna hitam nopol BK 1251 WP. 

Selanjutnya Pak Ica dengan sejumlah barang bukti dibawa ke Polres Siantar untuk dimintai keterangannya.

Penulis: res. Editor: gun.