Sat 20 Oct 2018
CITIZEN JOURNALISM

Proyek ‘Siluman’ di Marihat Butar Ternyata Milik Distan Simalungun

Ketua Maujana Nagori Marihat Butar, Kecamatan Bosar Maligas, Supardi Sisu dan proyek rabat beton 'siluman' di Huta I Nagori Marihat Butar yang diduga menyimpang. (foto kolase/zai)

Simalungun, hetanews.com- Proyek rabat beton ‘siluman’ alias tanpa legalitas kegiatan, dan diduga dikerjakan tidak sesuai bestek, di Huta I Nagori Marihat Butar, Kecamatan Bosar Maligas, itu ternyata adalah milik Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Simalungun.

Terungkapnya legalitas kepemilikan proyek tersebut, setelah dibeberkan oleh Ketua Maujana Nagori Marihat Butar, Kecamatan Bosar Maligas, Supardi Sisu, Jumat (1/6/2018), sekira pukul 18.58 WIB, dari seberang telepon seluler miliknya.

"Itu bukan kegiatan dana desa, pak. Kalau kegiatan dana desa, transparan. Sebab selalu menterakan plank kegiatan. Proyek rabat beton yang saya viralkan itu adalah proyek Pemkab Simalungun. Dinas Pertanian,"ungkapnya.

Orang itu sudah sepuluh hari mengerjakannya. Tapi disetiap kali saya tanya kenapa plank proyeknya tidak dipajang, jawab pekerja bernama Jul, warga Bangun Kecamatan Gunung Malela, itu bukan merupakan kewajiban, beritahu Supardi.

Baca Juga : Diduga Pengerjaannya Menyimpang, Ketua Maujana Viralkan Proyek Rabat Beton Marihat Butar

Apa memang bisa begitu pak, tanya Supardi Sisu kepada hetanews.com. "Padahal, kan plank proyek kegunaannya untuk keterbukaan informasi. Sehingga kami warga disini dapat turut mengawasinya. Ia kan pak,"imbuhnya minta pendapat.

Itu wajib kami awasi, tegasnya. Sebab, profil jalan itu, dulunya kami masyarakat disini yang buka. Dengan swadaya. Jadi kami tidak terima, apalagi batu padasnya adalah batu padas muda dan ketebalannya kami ragukan, ujarnya.

Kami berharap agar pengerjaan rabat beton itu ditinjau ulang dan bila perlu dibongkar. Kalau memang tidak sesuai dengan bestek. Sebab, anggaran yang digunakan itu secara tidak langsung, kan uang kami masyarakat, tegasnya.

Penulis: zai. Editor: gun.
Komentar 2
  • SOFIAN
    Belum 1 bulan pangulu MARIHAT BUTAR PK Sukendar UD memperbaiki rapat beton jalan produksi Huta 1 dana aspirasi dari dewa .
  • SOFIAN
    Mohon di tindak lanjuti kasus. rapat beton jalan produksi .aspirasi dewan .huta1desa desa marihat Butar kac bosar maligas.