HETANEWS

Ini Manfaat Olahraga Karate Ala Sayyid Sabiq Rambe

Sayyid Sabiq SM Rambe.

Medan, hetanews.com - Karate adalah salah satu dari berbagai jenis olahraga yang membutukan teknik dan kekuatan fisik.

Olahraga yang berasal dari Negeri Matahari atau Jepang ini adalah jenis olahraga yang cukup banyak peminatnya khususnya di Indonesia. Selain populer sejak dahulu kala, karate juga sesungguhnya merupakan olahraga yang memiliki banyak sekali manfaat.

Berikut ini terdapat 7 manfaat karate yang sangat penting untuk diketahui versi Sayyid Sabiq SM Rambe.

Sayyid adalah seorang atlit muda muda yang memiliki segudang prestasi di bidang olahraga karate baik tingkat daerah, nasional, maupun internasional.

Mahasiwa Ilmu Komputer Fasilkom-TI Universitas Sumatera Utara (USU) stambuk 2017 ini telah menggeluti dunia karate selama hampir 10 tahun. Dirinya telah memenangkan sebanyak 9 mendali emas dan juga 3 mendali perunggu.

Untuk itu, pengalaman merasakan banyaknya manfaat dari karate akan dirampungkan dan dibagikan dalam bentuk informasi sebagai berikut:

Manfaat secara Fisik dan Mental

Karate merupakan olahraga yang menuntut kita untuk melatih kekuatan otot lewat berbagai gerakannya dan juga olahraga yang membutuhkan latihan seperti shit up, push up, lari, dan lain sebagainya.

Kombinasi dari berbagai gerakan ini apabila dilakukan secara rutin tentu saja akan memberikan manfaat bagi diri kita secara fisik yakni, mendorong sistem metabolisme di dalam tubuh berjalan dengan baik, membentuk tubuh yang ideal, serta membangun daya tahan tubuh yang kuat sehingga tidak mudah untuk terserang penyakit.

Sedangkan dari segi mental, karate dapat bermanfaat untuk membentuk jiwa yang segar dan tegar karena menjalankan latihan yang menguras tenaga pada akhirnya akan menyegarkan kembali pikiran bahkan melegakan perasaan kita.

Sistem Pertahanan Diri bagi Diri Sendiri dan Orang Lain

Karate sebagai olahraga yang memiliki kombinasi gerakan untuk memukul, menendang, menangkis, atau melompat tentulah sangat bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain sebagai bentuk perlindungan ataupun pertahan dalam berbagai kondisi termasuk ancaman keselamatan.

Menambah Relasi

Dunia karate bukalah suatu dunia yang sempit melainkan dunia yang sangat luas, karena orang-orang yang memiliki minat, bakat, dan hobi yang sama.

Karena dalam hal karate tentu tidak terhitung jumlahnya. Terlebih lagi apabila kita menjadi bagian dalam sebuah perguruan karate yang memungkinkan untuk bertemu dan menjalin relasi dengan banyak orang dari berbagai kalangan lewat aktivitas berlatih di perguruan tersebut. Maupun keaktifan kita untuk turut serta dalam berbagai pertandingan olahraga karate yang dapat membawa berkelana kesana kemari dan bertemu dengan orang-orang yang baru

Meningkatkan Konsentrasi dan Fokus

Dalam olahraga karate kita diajarkan untuk berkonsentasi penuh dan fokus terhadap suatu hal baik ketika sedang berlatih, mempertahankan diri, maupun sedang dalam kondisi untuk memenangkan suatu pertandingan.

Itu artinya berlatih karate juga bermanfaat untuk melatih diri kita agar dapat berkonsentrasi dan fokus terhadap setiap hal yang dikerjakan untuk mencapai hasil yang maksimal.

Manfaat Karate secara Sosial

Karate juga tentunya memiliki manfaat secara sosial yakni dalam hal menjaga dan menghargai orang lain. Menjadi seorang karateka bukan artinya kita bebas untuk menganggarkan kemampuan diri, melainkan lebih menjadi sosok yang dapat disenangi banyak orang. Sikap hormat terhadap guru, teman seperguruan, dan bahkan lawan di dalam karate merupakan hal yang harus diaplikasikan dalam kehidupan sosial juga.

Meningkatkan Kepercayaan Diri dan Keberanian

Berlatih keras, fokus, dan tekun dalam karate seiring waktu tentu saja akan meningkatkan kemampuan kita. Dari sini juga akan terpupuk rasa percaya diri dan keberanian untuk melindungi diri sendiri maupun orang lain dan untuk mengikuti berbagai pertandingan.

Pada akhirnya berlatih karate juga memungkinkan untuk meningkatkan kercayaan diri dan keberanian untuk menjadi pribadi yang aktif di kalangan masyarakat.

Meningkatkan Kedisiplinan dan Komitmen

Setiap hal pasti memiliki aturan dan anjuran dalam pengerjaannya, tak terkecuali dunia karate. Memakai seragam, datang tepat waktu, latihan yang rutin, mengikuti instruksi pelatih, tidak menganggarkan kemampuan, menghormati orang lain, dan lain sebagainya adalah bentuk aturan yang harus dipenuhi dalam dunia karate. Serangkaian peraturan yang ada ini pada akhirnya akan membentuk kedisiplinan dan komitmen dalam diri sendiri, sehingga dapat menjadi pribadi yang jaug lebih baik lagi.

Demikian lah 7 manfaat dari berlatih karate versi Sayyid yang dapat dibagikan kepada kita semua. Hal ini kiranya dapat menambah informasi atau bahkan menumbuhkan motivasi dan semangat kita untuk menjadi seorang karateka juga. 

Penulis: tim. Editor: aan.