HETANEWS.COM

Residivis Kembali Mencuri Diancam 2 Tahun Bui

Terdakwa berdiri minta hukuman diringankan disidang PN Simalungun. (foto/ayu)

Simalungun, hetanews.com - Jansen Ritonga (28) warga Huta I Mayang Nagori Mayang, Kecamatan Bosar Maligas, Kabupaten Simalungun merupakan seorang residivis (sudah pernah dihukum) kembali mencuri 17 tandan buah kelapa sawit.

Jansen dituntut  2 tahun penjara oleh jaksa Fransiska Sitorus di sidang Pengadilan Negeri (PN) Simalungun, Senin (28/5/2018).

Menurut jaksa, pencurian itu dilakukan terdakwa Senin 19 Februari 2018 pukul 23.00 WIB di Afdeling I Blok 05 PTPN IV Kebun Mayang Nagori Bolug, Kecamatan Bosar Maligas.

Terdakwa bersama temannya Brando Manik (DPO) mengendarai sepeda motor Honda Beat BK 5744 TBC dan membawa sebuah egrek bergagang fiber menuju areal perkebunan.

Terdakwa bertugas menurunkan tandan buah kelapa sawit dari pohonnya. Sementara BM bertugas untuk memundak atau melangsir dan menyebunyikan hasil curian ke dalam parit pembuangan limbah tak dipakai lagi.

Lalu pada malam hari, saat terdakwa dan BM akan mengangkut hasil curiannya berhasil di tangkap 2 security  Birman manurung dan Tarlan Malau.

Terdakwa berhasil ditangkap sedangkan BM berhasil melarikan diri, dan petugas menyita barang bukti 17 tandan sawit dan dibawa ke Polsek Bosar Maligas Untuk diproses sesuai hukum.

Jaksa mempersalahkan terdakwa mlanggar pasal 363 ayat (1) ke 4 KUHP jo pasal 486 KUH Pidana.

Atas tuntutan tersebut, terdakwa secara lisan mohon keringanan hukuman kepada majelis hakim pimpinan Novarina Manurung.

Untuk putusan, persidangan dibantu panitera M Ramli ditunda hingga Senin mendatang.

 

Penulis: ay. Editor: aan.
Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!