Karo, hetanews.com - Diklat Revolusi Mental Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo yang diselenggarakan selama 4 hari, di Tongging Hotel Beach, Jalan Tongging-Silalahi, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, berakhir dan resmi ditutup Bupati, Terkelin Brahmana, Minggu (27/5/2018).        

Di hadapan 30 peserta, Bupati Karo berpesan, setelah menerima materi diklat revolusi mental, hendaknya semakin ada perubahan yang lebih baik.

Baik dari sisi pola pikir maupun perilaku, ASN diarahkan memiliki kompetensi untuk melakukan revolusi cara pandang, cara pikir, dan cara kerja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Implementasikan dalam pekerjaan kita sehari-hari sebagai pelayan masyarakat. Karena saat ini masyarakat semakin kritis, tidak mau dilayani dengan birokrasi yang lambat, bertele-tele dan tidak ada kepastian hukum. Karena itu, kita diharapkan dapat membawa semangat dan motivasi baru terhadap peningkatan kualitas birokrasi yang handal dan responsif terhadap tuntutan masyarakat. Bukan sebaliknya, ASN yang minta dilayani," ujar Terkelin Brahmana.

Untuk mengatasi pelayanan publik yang belum maksimal, maka materi diklat dari Lembaga Adminitrasi Negara (LAN) RI dapat menjadi pembelajaran untuk mewujudkan manusia Indonesia yang baru. Manusia Indonesia yang memiliki cara pandang, cara pikir dan cara kerja yang berlandaskan integritas, etos kerja dan gotong royong dalam melayani masyarakat.

"Mulai dari overview program pelatihan revolusi mental pelayanan publik, kebijakan, isu strategis, budaya, inovasi sektor publik, strategi peningkatan kualitas pelayanan publik dan rancangan revolusi cara kerja dan yang lainnya. Tentunya kita semakin memiliki modal untuk kedepannya yang lebih baik lagi," sebut Bupati.

Sebab, sambungnya lagi, empat hari lamanya para peserta telah meninggalkan keluarga dalam rangka meningkatkan kompetensi guna merubah karakter dan mental.

"Hal inilah merupakan bukti komitmen sebagai abdi masyarakat dalam mendukung program Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM)," katanya mengakhiri.         

Hadir dalam kegiatan ini, dari lembaga LAN RI, di antaranya, Denny Junanto, Ivonne Pongoh, dan Iqbal Fadilla, Plt Kepala BKD Pemkab Karo, Mulianta Tarigan, para  Kepala Dinas/Badan/Satuan dan Direktur Rumah Sakit Umum.