HETANEWS.COM

Gampar Ajak Warga Lestarikan Pemandian Alam Terbuka Aek Manigom

Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok studi Gampar membersihkan Pemandian alam terbuka, Aek Manigom. (foto/hug)

Simalungun, hetanews.com- Sumber daya alam yang telah diberikan Tuhan kepada umat manusia sebaiknya dipelihara dan dimanfaatkan dengan baik.

Seperti halnya tempat wisata Permandian Aek Manigom yang terletak di Dusun Buntu Bartong, Nagori Tigadolok Kecamatan Dolok Panribuan Kabupaten Simalungun.

Sebuah kolam mata air alami ini menjadi tempat permandian alam terbuka yang sudah dikenal masyarakat banyak. Airnya yang  jernih dan segar dari inti mata air yang berasal dari dasar kolam menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Kolam mata air seperti ini semestinya dijaga dan dirawat dengan baik. Seperti yang tengah dilakukan mahasiswa yang tergabung dalam kelompok studi Gampar (Gerakan Aspirasi Mahasiswa Pembela Rakyat).

Mereka melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan bergotong royong bersama masyarakat sekitar dalam menjaga kelestarian tumbuhan dan kebersihan serta keasrian pemandian alam terbuka Aek Manigom.

"Mudah-mudahan dengan kegiatan bersih bersih yang kami lakukan di areal Pemandian Manigom ini dapat memupuk kesadaran dan kepedulian masyarakat serta pengunjung untuk lebih aktif dan sadar dalam menjaga serta melestarikan lingkungan," ujar Malit selaku Koordinator Kelompok Studi Gampar, seraya menyampaikan pihaknya akan menggelar kegiatan seperti ini selama semingu sekali.

Selain mengajak masyararakat untuk menjaga kelestarian lingkungan, Gampar juga berupaya menggali nilai-nilai budaya di pemandian alam terbuka Aek Manigom.

Kegiatan kebersihan ini dimulai dari menguras air dari kolam yang sudah mulai ditumbuhi lumut dan rumput liar.

Kemudian membersihkan coretan coretan dindingyang cukup mengganggu pemandangan di sekitarnya.  Dolis Siahaan, pemuda setempat yang juga turut andil dalam kegiatan gotong royong itu mengapresiasi kegiatan yang di lakukan kelompok studi mahasiswa Gampar.

"Sudah sepantasnya kita menjaga dan memelihara lingkungan sekitar sebagai wujud tanggung jawab dalam melestarikan lingkungan sekitar yang akan berdampak pada kenyamanan pengunjung Manigom. Dan kegiatan saat ini dimotori oleh mahasiswa mahasiswi dari Gampar," ujarnya.

Dollis berharap kegiatan seperti ini akan akan terus berlanjut dan menjadi kegiatan rutin, sehingga nantinya dapatberkontribusi dalam membangun kesadaran masyarakat sekitar akan pentingnya kebersihan lingkungan. 

Penulis: gee. Editor: aan.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!