HETANEWS

Dibalik Kecepatan Petugas Damkar, Warga Juga Ikut Padamkan Api saat Rumah RT Terbakar di Jalan TB Simatupang

Petugas pemadam kebakaran saat berusaha memadamkan api di lantai dua.

Siantar, hetanews.com- Adanya kerjasama antara  warga dengan petugas pemadam kebakaran (damkar), baik dari PT STTC maupun Pemko Siantar, dirasa sangat membantu dalam mempercepat pemadaman api, saat dua rumah roko (ruko), di Jalan TB Simatupang, Kelurahan Sukadame, Kecamatan Siantar Utara, depan eks terminal Sukadame, terbakar, Rabu (23/5/2018), dini hari lalu.

Hal itu diungkapkan Emir Siregar, salah seorang kordinator pemadam kebakaran PT STTC yang langsung turun ke lokasi.

"Api dapat kami padamkan sekitar pukul 01: 50 WIB, bersama petugas pemadam kebakaran Pemko Siantar. Dan terimakasih atas kerjasama masyarakat, sehingga api tidak merambat ketempat lain. Sehingga tidak mengakibatkan kerugian lebih banyak dan tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu,"ungkapnya.

Menurutnya, adanya kepedulian warga sangat lah membantu saat terjadinya musibah kebakaran, menuggu datang petugas damkar memadamkan api.

Seperti diketahui, satu unit rumah yang diketahui kosong, hangus terbakar, baik dilantai satu maupun lantai dua.

Dan satu unit lagi yang ditempati marga Malau, dibagian lantai satu dapat diselamatkan, namun di lantai dua hangus terbakar dan barang-barang di lantai dua juga tidak satupun terselamatkan.

"Rumah pak RT itu yang terbakar, di lantai dua tidak bisa diselamatkan. Sementara di lantai satu sebagai tempat usaha kedai kopi masih dapat dipakai,"ungkap T Saragih, warga sekitar, Rabu (23/5/2018), lalu, ketika melihat kondisi 2 unit rumah yang terbakar.

Saragih juga menjelaskan, kebakaran diduga  berasal dari  rumah yang kosong tersebut.

"Kami duga dari rumah kosong itu apinya, karena sudah lama tidak ditempati. Terimaksih kepada petugas  pemadam Pemko Siantar dan PT STTC yang cepat datang. Jadi rumah di sebelahnya dapat diselamatkan,"tuturnya.

Pantauan di lokasi saat kejadian itu, warga dan kerabat Malau yang menjadi korban tampak membersihkan sisa-sisa kebakaran. Ada juga warga yang membantu memasukkan barang-barang elektronik, seperti kulkas, TV ke lantai satu yang tidak terbakar.
 

Penulis: tim. Editor: gun.