HETANEWS.COM

Dua Pembobol Rumah Nginap di Sel, Satu Lagi Kabur

Kedua pelaku diamankan polisi. (foto/dav)

Tebingtinggi, hetanews.com-  Dua dari tiga pelaku pembobol rumah milik Jan Edwin Damanik (36), warga Dusun I Desa Jambu, Kecamatan Tebingtinggi, Sergai, pada hari Minggu (15/4/2018), lalu, sekira pukul  18.30 WIB,  berhasil diamankan Sat Reskrim Polres Tebingtinggi, di  kediamannya masing - masing. 

Kedua pelaku yang diamankan, Rendy alias Endy (34), warga Jalan Prof Dr Hamka, Kelurahan Durian, Kecamatan Bajenis, Kota Tebingtinggi dan Hadi Guntur, alias Agun (34), warga Jalan Beo Lingk II, Kelurahan Tanjung Marulak, Kecamatan Rambutan, Kota Tebingtinggi.

Sementara  satu pelaku lagi, berinisial I masih dalam pencarian pihak Polres Tebingtinggi.

Dari rumah korban Jan Edwin Damanik,  ketiga pelaku berhasil mengasak  1 TV merk LG 21inci warna hitam silver, 1 unit box music GMC serta 1 buah rangsel. 

Akibat rumahnya dibobol maling, korban mengalami kerugian sekitar puluhan juta rupiah. Ketiga pelaku melakukan aksinya, saat rumah korban dalam keadaan kosong.

Kasat Reskrim, AKP TP Butar Butar melalui Kasubag Humas Polres Tebingtinggi, AKP MT Sagala, di ruang Press Release, Kamis (24/5/2018) sekira pukul 10.00 WIB, membenarkan dan menjelaskan kronologis kejadian dan penagkapan kedua pelaku.

 Barang bukti yang diamankan polisi. (foto/dav)

Ketiga pelaku melakukan aksinya saat rumah korban dalam keadaan kosong dengan cara masuk melalui jendela kamar dengan terlebih dahulu merusak jendela tersebut, terang Sagala.

Dari hasil  olah TKP dan mengumpulkan bukti - bukti dan saksi yang cukup, polisi segera melakukan pencarian terhadap ketiga pelaku. Dan akhirnya, Selasa (22/5/2018), lalu, pukul 14.00 WIB, Rendy dan Agun berhasil ditangkap saat berada di rumahnya masing - masing.

Namun sayang, saat polisi mendatangi mendatangi rumah I, pelaku tidak berada ditempat. Selanjutnya kedua pelaku, beserta barang bukti, berupa 1 unit Televisi merk LG 21 1 inci warna hitam silver ke Polres Tebingtinggi guna untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Kepada polisi, keduanya mengaku ada mencuri di rumah korban. Sebelum  masuk kedalam rumah milik korban yang dalam keadaan kosong, ketiga pelaku terlebih dahulu merusak jendela kamar milik korban dengan cara mencongkel memakai besi berukuran 30 cm, terang keduanya.

'Yang masuk kedalam rumah dan mengambil barang curian itu adalah Rendy. Sementara Agun mengawasi dari depan dan I dari belakang rumah. Setelah berhasil, dengan bonceng 3 memakai kereta milik I, barang curian tersebut kami bawa lari. Selanjutnya televisi tersebut kami jual kepada Topan seharga Rp 400 ribu, tapi kami tak kenal sama dia, “jelas keduanya.

Kini kedua pelaku telah kita amankan di Mapolres Tebingtinggi beserta barang bukti, guna diperiksa lebih lanjut. Sementara kepada pelaku I, masih dalam pencarian. Keduanya akan dijerat dengan pasal 363 ayat 1 ke 3e, 4e dan 5e dari KUHPidana tentang pencurian dengan pemberatan (curat), jelas Sagala.

Penulis: tim. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan