HETANEWS

Jaksa Banding Atas Vonis 2 Bulan pada 4 Terdakwa Pengeroyokan

Para terdakwa didampingi pengacaranya, Reinhard Sinaga SH dkk, di PN Simalungun. (foto/ayu)

Simalungun, hetanews.com- Jaksa Melnita Mindasari, menyatakan banding atas vonis 2 bulan yang dijatuhkan majelis hakim terhadap 4 terdakwa pengeroyokan, di Pengadilan Negeri (PN) Simalungun, Kamis (24/5/2018).

Majelis hakim, pimpinan Lisfer Berutu yang juga Ketua PN Simalungun, menyatakan terdakwa Jamaksen Sulfriadi Manihuruk/Saragih alias Jamaksen (42), bersama 3 terdakwa lainnya, Well Sunday Sinaga (26), Bissar Parulian Sipayung (24) dan terdakwa Joni Simangunsong (21), semuanya warga yang sama di P Silimakuta, masing - masing divonis 2 bulan. Para terdakwa dinyatakan terbukti bersalah melanggar pasal 170 (1) KUHP.

Sebelumnya, jaksa Melnita, menuntut ke-4 terdakwa dengan pidana penjara masing-masing selama 4 bulan.

Ke-4 terdakwa terbukti melakukan penganiayaan terhadap saksi korban, Jhon Ferdal Jawak, di Dusun Nagasaribu, Kecamatan P Silimakuta, pada Sabtu, 29 Juli 2018, lalu, pukul 23.00 WIB. Malam itu, terdakwa Jamaksen dkk, mendatangi rumah orangtua saksi korban dengan maksud menagih hutang.

Jamaksen mempertanyakan maksud saksi korban yang tidak mau membayar hutang hingga terjadi pertengkaran. Merasa terancam, saksi korban mengambil besi bulat untuk melawan. Tapi ditangkap dan diambil terdakwa, lalu para terdakwa memukul saksi korban yang mengakibatkan luka pada bagian kepala dan punggung sesuai visum et revertum.

Penulis: ay. Editor: gun.