HETANEWS

Disinggung Pansus Terkait Pengadaan Monografi, Lurinim Purba Larikan Jawaban

Suasana rapat pansus DPRD Simalungun tentang LKPJ Bupati Simalungun Tahun Anggaran 2017, di ruang Banggar DPRD Simalungun. (foto/zai)

Simalungun, hetanews.com - Anggota Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kabupaten Simalungun, Bernhard Damanik, mempertanyakan pengadaan monografi Nagori yang anggarannya dari dana desa.

Namun Kadis Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Nagori (DPMPN), Lurinim Purba, terkesan larikan jawaban alias mencuekin.

Aksi menggelitik pikiran sejumlah pengamat kebijakan pemerintahan ini, terjadi pada rapat Pansus DPRD Simalungun tentang pembahasan Laporan Keterangan Pertanggung jawaban (LKPj) Bupati Simalungun Tahun Anggaran (TA) 2017, di ruang Banggar DPRD Simalungun, Rabu (23/5/2018).

"Pertanyaan kita mungkin ada beberapa nagori saat ini bermasalah hukum. Apa upaya yang sudah dilakukan oleh DPMPN terhadap pangulu nagori. Terkait dana desa yang dialokasikan untuk pengadaan monografi, sedang dalam penyidikan oleh APH. Apa yang menjadi peran dari DPMPN," tanya Bernhard Damanik.

"Terkait dengan beberapa Nagori yang sedang bermasalah hukum saat ini ada 5 Nagori. Dua itu adalah di luar daripada dana desa. Yaitu,  Pematang Simalungun terkait dengan surat tanah yang sekarang dalam proses hukum," jawab Lurinim Purba.

Dan yang kedua, lanjutnya, itu adalah Pangulu dari Jawa Maraja Bahjambi. Inibterkait dengan adanya dugaan penganiayaan.

Dan tiga ini termasuk yang bermasalah hukum terkait dengan dana desa. Yang pertama, Pangulu Pamatang Sinaman. Mantan Pangulu, Kawardin Purba, pelaksanaan dana desa tahun 2015.

Menurutnya, saat ini sudah lagi ditangani oleh pihak Kejaksaan 

Yang kedua, yang masih dalam tahap penyelidikan adalah Nagori Dolok Ulu dari Kecamatan Tapian Dolok. Dan Nagori Bandar Pulo di kecamatan Bandar. Yang selebihnya, ada beberapa yang mendapat adanya indikasi-indikasi dugaan tapi masih bersifat laporan.

"Upaya yang kita lakukan untuk Nagori yang bermasalah dan belum bermasalah adalah untuk tetap melaksanakan pembinaan dengan tetap mengingatkan agar dana desa ini dilaksanakan dengan sesuai ketentuan," jawab mantan Kadis Pendidikan ini tanpa menjawab masalah pengadaan monografi yang ditanya Bernhard Damanik.

Penulis: zai. Editor: gun.

Ikuti kami di Twitter, Instagram, Youtube, dan Google News untuk selalu mendapatkan artikel berita terbaru dari Heta News.