HETANEWS

Siantar Berpotensi Jadi Tuan Rumah PON, Jayadi Harapkan Fasilitas Olahraga Diperbaiki

Siantar, hetanews.com - Setelah Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Jayapura, pada tahun 2020 selanjutnya yang menjadi tuan rumah adalah Sumatera Utara (Sumut) dan Aceh.

Bagaimana persiapan Kota Siantar sendiri dalam menghadapi PON tersebut? Pasalnya, Kota Siantar adalah salah satu bagian dari Sumut. 

Menurut Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Siantar, Jayadi Sagala, Rabu (23/5/2018), Siantar memiliki potensi untuk menjadi tuan rumah.

"Nah, syaratnya itukan ada banyak hotel, Rumah Sakit (RS), Perbankan dan transportasi yang memadai fasilitas umum yang lengkap. Terkait itu semua, Siantar berpotensi dan sangat diuntungkan," kata Jayadi.

Jayadi menyebutkan, pihaknya sudah berbicara dengan KONI Sumut dalam upaya, bagaimana Siantar ikut berperan dalam memeriahkan PON Sumut dan Aceh.

"Respon KONI Sumut positif, tetapi kekurangan kita ada di sarana dan prasarana olahraga," paparnya.

Jayadi pun berharap agar Pemko Siantar turut membantu KONI dalam memperjuangkan Siantar ikut berperan dalam PON tersebut.

"Kalau kita sudah buka krannya, tinggal bagaimana Pemko Siantar melakukan finishing, dengan membangun sarana dan prasarana olahraga, sehingga bisa ikut andil dalam PON tersebut. Karena berdasarkan persyaratan, kita sangat berpotensi sekali," paparnya.

Terkait prestasi atlit, Jayadi menyebutkan, saat ini atlet di Kota Siantar sudah mulai menujukkan prestasinya.

"Kita lihat, walaupun dana KONI Siantar paling sedikit dibanding KONI lain se Sumut, tetapi berusaha melakukan pembinaan atlit. Kita sudah banyak membawa atlit untuk mengikuti Popdasu. Dan kita harapkan akan mengikuti PON di Jayapura mewakili Sumut," sebutnya. 

Di akhir pembicaraan, Jayadi sekali lagi mengharapkan andil dari Pemko Siantar untuk meningkatkan sarana dan prasarana olahraga di daerah itu.

"Kita harapkan Pemko membantu dalam meningkatkan saran dan prasarana olahrga. Kalau GOR dibangun sekarang, mungkin masih terkejarlah 6 tahun ini. Yang kita harapkan, minimal suatu tempat yang bisa menampung beberapa cabang olahraga dalam bertanding," katanya mengakhiri.

Penulis: tom. Editor: gun.