HETANEWS

Kebakaran Ruko di Parluasan, Api Muncul dari Lantai 2 Disertai Suara Letupan

Petugas damkar saat memadamkan api di lokasi kejadian. (foto/hug)

Siantar, hetanews.com-Dua unit rumah toko (ruko) di kawasan eks Terminal Sukadame, Jalan TB Simatupang, Kelurahan Sukadame, Kecamatan Siantar Utara, terbakar pada Rabu (23/5/2018).

Warga di lokasi kejadian menyebutkan, api berasal dari lantai 2 ruko yang selama ini difungsikan sebagai gudang.

Informasi yang dihimpun, api diduga berasal dari hubungan listrik arus pendek (korsleting) yang muncul dari lantai 2. Ruko berpintu besi itu selama ini diketahui dalam keadaan kosong, namun difungsikan sebagai gudang.

Warga sekitar menyebutkan, peristiwa itu berlangsung sekira pukul 00.15 WIB. Dan saksi juga sempat mendengar suara letupan saat api mulai muncul dan merebak ke rumah yang terletak di sebelahnya.

Melihat kejadian itu, warga yang berada di sekitar lokasi kejadian satu per satu mulai mengevakuasi barang-barang milik Pak Yosin Malau, pengusaha warung teh yang bersebelahan dengan ruko naas tersebut.

Untungnya sejumlah barang dapat dievakuasi. Sementara petugas pemadam kebakaran (famkar) pun tiba di lokasi dan langsung meredakan kobaran api.

"Sempat ada terdengar suara letupan dari lantai 2 ruko. Api juga sudah ada. Gak begitu lama apinya sudah makin melebar kemana,mana. Kalau ruko itu selama ini dipakai jadi gudang penyimpanan bawang," ungkap Budi Situmorang warga setempat.

Hingga pukul 02.00 WIB, api berhasil dikendalikan petugas damkar, dibantu dengan 6 unit mobil pemadam.

Sementara itu, Pak Yosin Malau, pemilik ruko yang ikut terbakar sibuk mengamankan sejumlah barang-barangnya yang telah dievakuasi.

Peristiwa kebakaran itu juga menimbulkan rasa khawatir bagi penduduk yang tinggal di radius 500 meter dari lokasi kejadian.

Salah seorang warga setempat mengaku, saat peristiwa kebakaran berlangsung, dirinya masih tertidur pulas. Untung ia mendengar suara sirene mobil damkar yang datang dengan tiba-tiba di lokasi kejadian.

Penulis: gee. Editor: aan.