HETANEWS.COM

Truk Over Tonase Penyebab Jalan Rusak di Simalungun, Rikanson Jutamardi Purba: Perlu Ketegasan dan Perda

Jawarden Purba (kiri) dan Rikanson Jutamardi Purba. (foto/zai)

Simalungun, hetanews.com- Kepala Seksi Operasional Dinas Perhubungan (Dishub)  Kabupaten Simalungun, Jawarden Purba menyebutkan, bahwa truk yang over atau melebihi tonase, menjadi penyebab utama kerusakan jalan di daerah itu.

"Kerusakan jalan Kabupaten Simalungun akibat truk melebihi tonase," ujar Jawarden Purba, di Gedung DPRD Simalungun, Senin (21/5/2018).

Pihaknya selama ini, katanya, sudah melakukan pengawasan dan penindakan terhadap truk melebihi tonase yang melintas di jalan umum. Tahun 2017, lalu, ditilang sebanyak 70 truk, beritahunya. 

"Ditilang sesuai dengan pelanggaran kelas jalan. Itu berdasarkan Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009. Sementara peraturàn daerah tentang pembatasan tonase belum ada,"imbuhnya. 

Menurutnya, guna mengantisipasi beroperasinya truk melebihi tonase, Dinas Perhubungan telah memasang plank, bertuliskan himbauan agar truk yang melebihi tonase tidak melintas di jalan umum.  

"Ada 8 titik pemasangan imbauan itu, di antaranya di Bandar Tinggi, Simpang Mayang, Tanjung Pasir, Boluk, Kerasaan dan Ujung Padang," ungkapnya.

Sementara itu, pendiri Koalisi Rakyat Siantar - Simalungun Sejahtera (KoRASSS), Rikanson Jutamardi Purba kepada wartawan mengatakan, salah satu faktor penyebab cepatnya kerusakan jalan di Kabupaten Simalungun karena bebasnya angkutan truk yang melebihi tonase melintas di jalan umum.

Pemkab Simalungun melalui Dinas Perhubungan, diminta bertindak tegas untuk melarang truk melebihi tonase. Bila tidak ada larangan, sepertinya pengusaha truk akan semakin leluasa mengembangkan usahanya yang berdampak terhadap cepatnya kerusakan jalan, ujarnya.  

"Perda (Peraturan Daerah) tentang pembatasan tonase perlu sekali, sebagai acuan bagi Dinas Perhubungan untuk melarang truk yang melebihi tonase,"katanya.

"Terutama akhir-akhir ini, curah hujan sangat tinggi, sehingga perlu tanggungjawab bersama untuk merawat jalan agar tidak semakin rusak. Masyarakat juga yang akhirnya merasakan akibatnya,"katanya.

Penulis: zai. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!