Asahan, hetanews.com - Sama seperti daerah lainnya di Indonesia, Pemkab Asahan juga peringati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke 110, di halaman kantor Bupati Asahan, Senin (21/5/2018).

Bupati Asahan, Taufan Gama Simatupang, diwakili Wakil Bupati (Wabup) Surya, memimpin jalannya upacara peringatan Harkitnas ke 110 dengan  membacakan sambutan tertulis Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Rudiantara.

Disampaikan, Harkitnas yang diperingati setiap tahunnya, mempunyai makna sangat besar dalam kehidupan sehari-hari bangsa ini, dan Boedi Oetomo yang telah mengajari anak bangsa ini untuk bangkit serta menggapai cita-cita bangsa. 

Masih pesan Menteri, Boedi Oetomo dalam peringatan Harkitnas tahun 1952, pernah mengatakan “suatu saat kelak, kita akan memasuki cara baru untuk melaksanakan suatu gagasan atau ide, dan hasilnya saat ini, bangsa ini sudah dapat meraih seperti apa yang dicita - citakan oleh Boedi Oetomo”.

Dimana 110 tahun lamanya, bangsa ini telah tumbuh menjadi bangsa yang besar, maju dan telah sejajar dengan bangsa-bangsa lain, di belahan dunia. Meskipun belum sepenuhnya sempurna, bangsa ini telah dapat menikmati hasil perjuangan para pahlawan, diantaranya dengan meningkatnya perekonomian rakyat, pendidikan dan kesehatan.

"Peringatan Harkitnas berthemakan “Pembangunan sumber daya manusia untuk  memperkuat pondasi kebangkitan Nasional di era digital ini”, hingga  dimaknai dengan upaya upaya penyadaran setiap masyarakat Indonesia, juga mampu  mengembangkan diri dan merebut peluang untuk meningatkan kapasitas diri," pungkas Wabup mengakhiri pidato Menteri. 

Hadir dalam kegiatan tersebut, unsur Forkopimda Asahan, Sekretaris Daerah (Sekda), pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan undangan lainnya.