HETANEWS

Keberadaan Masjid Nurul Hikmah, Bukti Siantar Sebagai Kota Toleransi

Masjid Nurul Hikmah yang berada di Jalan Cipto

Siantar, hetanews.com - Rasa toleransi sesama pemeluk agama masih tetap terjaga dengan baik di Kota Siantar.

Bahkan, saat memasuki Bulan Ramadhan, kegiatan padat di Masjid Nurul Hikmah memberikan pengaruh baik bagi sekeliling. Masjid yang berada di Jalan Cipto, Kelurahan Pamatang Simalungun, Kecamatan Siantar Selatan itu merupakan satu dari sekian masjid yang berada di lingkup penduduk non muslim. 

Masjid tertua di Kota Siantar ini dikelilingi masyarakat etnis tionghoa dan non muslim.

Lokasi Masjid Nurul Hikmah.

Penjaga masjid, Saiful Malayu menyampaikan, saat Bulan Ramadan banyak masyarakat non-muslim sekitar yang mengingatkan untuk menunaikan ibadah. 

"Situasi kita di sini sangat harmoni. Bahkan, kalau kita tak Adzan mereka bertanya-tanya. Apalagi, Adzan Subuh, mereka ingin dengar supaya cepat bangun pagi," ujar Saiful yang sudah menjaga masjid itu sejak tahun 1994, Kamis (17/5/2018). 

Saiful menjelaskan beberapa pejabat sering mengunjungi masjid untuk sholat. Terlebih para personil TNI karena markasnya yang berdekatan dengan masjid. 

Masjid Nurul Hikmah.

"Kalau bulan puasa kita sediakan bubur dan sop ayam untuk berbuka bagi siapa saja. Ini sudah kita lakukan selama 50 tahun," ujarnya.

Dia juga mengatakan, Masjid Nurul Hikmah telah dibangun sejak 1920-an. Masjid ini dibangun oleh seorang keturunan Maroko dan India, Said Marican. 

"Kalau Tarawih di sini juga lama. Seperti kemarin kita laksanakan sampai 2 jam. Karena kita berlakukan Tarawih pembacaan Alquran satu Juz satu malam," pungkasnya.

Penulis: tom. Editor: aan.