Mon 20 Aug 2018

Gedung Baru PPKB di Serapuh Gunakan Pondasi Bentuk Trapesium

Gedung baru balai penyuluhan keluarga berencana senilai Rp 196 juta, bersumber dari DAK Kabupaten Simalungun TA 2018. (foto/zai)

Simalungun, hetanews.com- Pembangunan balai penyuluhan keluarga berencana milik Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Simalungun, di Nagori Serapuh, Kecamatan Gunung Malela, menggunakan pondasi bentuk trapesium, berukuran 25 x 50 x 50 cm.

Hal itu dibeberkan pihak pelaksana proyek, CV Delapan Enam Enam, beralamat di Jalan Pisang Siantar, Dedi Putra Manihuruk selaku direktur, menanggapi konfirmasi hetanews.com, Kamis (17/5/2018).

"Kalau pondasi bangunan gedung ini bentuk trapesium dengan ukuran 25 x 50 x 50 cm. Hanya saja tak pakai stik. Dan sesuai gambar, stik tulangan struktur dimulai dari slof bangunan," terang Haryono.

Menurut pekerja CV Delapan Enam Enam, warga Naga Huta, Kecamatan Panombeian Panei lagi, bahwa besi untuk penulangan tiang struktur dan tulangan slof bangunan yang diginakan yakni besi 10 mm dengan tulangan 4.

Namun karena volume cincin tulangan yang diminta penyelenggara adalah besi 0.4 mm terlampau kecil, maka pihaknya memasang cincin pengikat tulangan yakni besi berukuran 6 mm.

"Besi untuk tulangan struktur dan slof balok yang kita pasang yakni besi 10 mm jenis SNI. Hanya saja karna volume cincin yang ditentukan mirip kawat, diganti jadi besi 6 mm. Tulangan empat,"ucapnya.

Tinggi bangunan ini 3 meter bersih. Terhitung dari plapon. Slof bangunannya 20 x 20 cm. Kalau untuk penulangan balok gantungnya, besi 10 mm dengan tulangan enam. Luas bangunan 5 X 10 meter.

"Selain disini. Di kecamatan lain juga ada kegiatan serupa ini. Kalau yang di Kecamatan Bandar, rekanannya Haji, bermarga Pasaribu. Di Kecamatan Panei dan di Saribudolok, aku tak tau," bebernya.

Penulis: zai. Editor: gun.