HETANEWS.COM

Tanjakan Maut Pasar Induk Pakpak Bharat Resahkan Pengguna Jalan

Kerusakan jalan tanjakan menuju Pasar Induk Pakpak Bharat bahayakan para pengguna jalan. (foto/janiper)

Pakpak Bharat, hetanews.com - Kerusakan jalan menuju Pasar Induk Kelohi, Kabupaten Pakpak Bharat, tepatnya di Kecamatan Salak, meresahkan warga pengguna jalan.

Tanjakan yang tajam dan jalan yang sudah mulai rusak, memaksa masyarakat harus ekstra hati-hati ketika melewatinya. 

Seperti dikeluhkan Banurea, salah satu warga yang berprofesi sebagai penarik becak, Kamis (17/5/2018). Dikatakannya, tidak sedikit masyarakat yang mengalami kecelakaan lalu lintas akibat kondisi jalan tersebut. 

"Beberapa bulan terakhir hampir setiap minggunya ada yang kecelakaan dikarenakan tanjakan dan kerusakan tersebut. Seperti minggu yang lalu, dua pengendara becak yang menjadi korban kecelakaan akibatnya," tuturnya.

Mestinya sebagai penyelenggara jalan, Pemkab Pakpak Bharat tidak boleh melakukan pembiaran, harus secepatnya diperbaiki, sehingga tingkat kerusakan tidak sampai pada ambang batas membahayakan para pengguna jalan. 

"Semestinya kondisi jalan akan tidak semakin buruk seperti yang terjadi saat ini, jika setiap kerusakan langsung ditindaklanjuti dengan pemeliharaan yang baik. Sehingga para pengguna jalan akan merasakan aman dan nyaman dalam menggunakan, hingga tidak memalan korban lagi," tegasnya.

Menanggapi hal tersebut, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Serimulyani selaku Kabid Binamarga mengatakan, bahwasanya untuk mengatasi permasalahan tersebut, pihaknya telah menganggarkan dana untuk membangun jalan alternatif.

"Untuk tahun ini telah dianggarkan pembangunan jalan alternatif. Di mana nantinya jalan tersebut menjadi satu arah, satu jalan masuk dan satunya lagi jalan keluar. Saat ini tim apresial (tim penilaian tanah) telah melakukan penjajakan dan  kita berharap mudah-mudahan tahun ini sudah bisa terealisasi," sebutnya, Kamis (17/5/2018).

Pantauan hetanews.com, Kamis (17/5/2018), tanjakan jalan menuju Pasar Induk Pakpak Bharat sudah terlihat rusak. Tanjakan yang tajam dengan kondisi jalan yang rusak diduga menjadi salah satu faktor penyebab keluhan masyarakat.

Sementara itu, diketahui kegiatan pembangunan peningkatan Jalan Salak-Kelohi dibangun pada TA.2016 yang lalu Sumber Dana Alokasi Kusus (DAK) dengan nilai kontrak Rp 2.308.000.000.

Penulis: tim. Editor: gun.
Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!