Sat 20 Oct 2018
CITIZEN JOURNALISM

Penghunjukan PPK Proyek Distan Tahun 2018 Layak Ditinjau Kembali

Simalungun, hetanews.com- Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dinilai layak untuk meninjau kembali proses penghunjukan oknum PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) proyek Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Simalungun Tahun 2018.

Pasalnya, oknum PPK dimaksud, yakni, Sekeretaris Dinas (Sekdis) Distan Kabupaten Simalungun, Jenri Saragi, terkesan tidak memahami dalam melaksanakan kewenangan yang diberi PA/KPA.

Terkait untuk pengambil keputusan dan/atau melakukan tindakan yang dapat mengakibatkan pengeluaran anggaran belanja negara/anggaran belanja daerah.

Berikut hasil konfirmasi wartawan kepadanya, di ruang kerjanya, Rabu (16/5/2018) terkait pelaksanaan proyek dinasnya.

Yakni proyek parit tersier. Bersumber dari APBD Kabupaten Simalungun tahun anggaran 2018.

"Pondasi. Ya pakai batulah. Soal spesifikasinya. Hal itu ahlinya lah yang tau. Ya makanya kita diperencanaan itu ada konsultan bidang kita dan konsultan bidang pelaksanaan,"ucapnya terlihat gugup.

Apakah, bapak tau, apa itu PPK, tanya wartawan? “Ya PPK itu Pejabat Pembuat Komitmen, “terangnya. Jadi sesuai komitmen yang sudah dibangun, berapa ukuran pondasi parit tersier, ulang wartawan.

Baca Juga : Dipanggil Kejari, Sekdis Distan Simalungun Nyeleneh Dikonfirmasi

"Ah tanya dulu lah ahlinya. Nanti salah ngomong. Pondasi seperti apa? Yang pasti disusun batu dikasih semen. Gitu aja nya. Biarpun pondasinya seperti apa, ya aku gak taulah,"tegasnya.

Sementara diketahui, bahwa kegiatan pengadaan barang dan jasa yang berlandaskan kontrak kerja atau perjanjian, merupakan kegiatan yang membutuhkan banyak pemahaman dan atau kemampuan mulai dari perencanaan pengadaan sampai selesainya pekerjaan yang terdiri dari tahapan perencanaan pengadaan, pelaksanaan pengadaan/pekerjaan dan pengendalian.

Serta penandatanganan kontrak/perjanjian, dan melaporkan dan menyerahkan hasil pekerjaan. Sehingga PPK bertanggung jawab secara administrasi,  teknis dan finansial pengadaan barang dan jasa.

Penulis: zai. Editor: gun.