HETANEWS.COM

Warga Porsea Rayakan 1.000 Lilin dan Doa Bersama Bagi Korban Bom Surabaya

Seribu nyala lilin duka dari warga Kota Porsea  untuk korban bom gereja di Surabaya. (foto/aldy sitorus) 

Tobasa, hetanews.com - Aksi solidaritas dan doa bersama bagi para korban ledakan bom gereja di Surabaya digelar masyarakat Porsea di Terminal Porsea, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa).

Ratusan warga turun ke jalan menyalakan .1000 lilin dan berdoa  bagi para korban bom, Selasa (15/5 /2018) malam.

Seperti diketahui, ledakan bom mengguncang 3 gereja di Surabaya, Minggu (13/5/2018) pagi. Tiga ledakan tersebut terjadi dalam rentang waktu yang hanya terpaut beberapa menit.

Ledakan terjadi di Gereja Katolik Santa Maria Tak Bercela di Jalan Ngagel Madya Utara. Disusul ledakan di Gereja Kristen Indonesia di Jalan Diponegoro No 46 dan Gereja Pantekosta Pusat Surabaya (GPPS) di Jalan Arjuna.

"Kita disini bukti tidak takut. Kita disini bukti kami berani dan siap bertarung dan lawan teroris," kata James Doloksaribu, salah seorang orator.

Pada aksi ini, seluruh elemen masyarakat menyanyikan lagu Indonesia Raya, Indonesia Pusaka, dan Ibu Pertiwi sebagai simbol pemersatu bangsa.

Salah seorang warga Porsea, Galumbang Sibarani dalam orasinya menyatakan, bangga atas sikap tegas masyarakat yang menyatakan perlawanan terhadap terorisme. Galumbang menilai masyarakat telah menunjukkan jati dirinya.

“Malam ini masyarakat Porsea tanpa mengenal suku dan asal daerah berbaur jadi satu. Kita berkumpul di terminal ini, dengan tegas menyatakan lawan terorisme. Jangan gentar dan takut kepada teroris,” seru Galumbang dalam orasinya.

Galumbang menegaskan founding fathers mendirikan Indonesia tidak membeda-bedakan agama dan kepercayaan, suku dan ras. Indonesia dalam imajinasi para pendiri bangsa adalah Indonesia yang Bhineka Tunggal Ika.

Untuk itu, ideologi yang dipilih para founding fathers Indonesia adalah Pancasila yang mampu merangkul keberagaman rakyat Indonesia.

“Sebab itu, kejadian di Surabaya sangat membuat kita sedih dan prihatin," papar Galumbang.

Penulis: aldy. Editor: aan.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan