HETANEWS.COM

Praeses HKBP Distrik XXVI dan Bupati Labuhanbatu Tandatangani MoU

Bupati Labuhanbatu, Pangonal Harahap saat menandatangani MoU disaksikan Ephorus HKBP, Pdt Darwin Lumbantobing. (foto/fendi)

Labuhanbatu, hetanews.com - Sebanyak 3 poin nota kesepahaman atau MoU ditandatangani Bupati Labuhanbatu Pangkal Harahap dengan Praeses HKBP Distrik XXVI Labuhanbatu, Pdt Binsar Siahaan.

Penandatanganan disaksikan Ephorus HKBP, Pdt Darwin Lumbantobing, Jumat (11/5/2018) di Hotel Permata Land Rantauprapat dalam acara Seminar Tahun Kesehatan dan Kebersihan Dalam Lingkungan Hidup HKBP Distrik XXVI Labuhanbatu.

Adapun isi MoU yang pertama, HKBP Distrik XXVI Labuhanbatu sepakat untuk mendukung program program unggulan kesehatan, kebersihan dan lingkungan hidup berbasis 'Inovasi dan Best Pratice Kesehatan Masyarakat' seperti pengadaan Sanitasi, jamban dan air berrsih, pengadaan rumah dan pemukiman sehat, kebersihan dan penghijauan lingkungan, peningkatan perilaku gidup Bersih dan sehat serta pembudayaan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas).

Poin Kedua, Pemkab Labuhanbatu senantiasa berupaya untuk membantu warga HKBP untuk memperoleh fasilitas pelayanan kesehatan yang sebaik-baiknya secara berkeadilan sosial.

Poin Ketiga yaitu, Pemkab Labuhanbatu membantu pengadaan 1  unit Alambulance atau armada mobil pelayanan kesehatan bergerak yang dapat dipergunakan petugas kesehatan dalam melayani warga HKBP Distrik XXVI Labuhanbatu.

"Kegiatan ini suatu keberuntungan bagi pemerintah dengan kehadiran gereja dalam mensosialisasikan kebersihan lingkungan di daerah yang saya pimpin. Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepad seluruh pendeta, Praeses dan Ephorus Pdt Darwin Lumbantobing," sebut Pangonal.

Menurutnya, selama ini masyarakat hanya bervalidasi kepada pemerintah untuk menangani kesehatan, kebersihan dan lingkungan. Dirinha bersyukur, bahwa saat ini hadir gereja untuk membantu pekerjaan pemerintah dalam menangani kesehatan, kebersihan dan lingkungan hidup.

 Pdt Darwin Lumbantobing jug mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang baik ini khususnya terhadap Pemkab Labuhanbatu yang dipimpin Bupati Pangonal.

"Saya senang dan optimis pelaksanaan program kesehatan, kebersihan dan lingkungan hidup dapat terlaksana dengan baik di Kabupaten ini," sebut Ephorus..

Dia menuturkan, saat launching tanggal 5 Januari di Pearaja Tarutung, dirinya menitipkan kepada para Praeses supaya bekerja sama dengan pemerintah daerah. Bahkan dengan berbagai pihak yang memberikan perhatian terhadap kesehatan dan kebersihan dalam lingkungan hidup.

Sebelumnya dalam seminar Tahun Kesehatan dan Kebersihan Dalam Lingkungan Hidup HKBP Distrik XXVI Labuhanbatu, Kepala Balitbang  Hobol Zulkifli Rangkuti selaku narasumber dengan judul 'Inovasi dan Best Pratice Kesehatan Masyarakat', mengungkapkan Balitbang Kabupaten Labuhanbatu sedang mengembangkan aplikasi layanan kesehatan yang merupakan poros inovasi berbasis teknologi informasi.

Menurutnya, ini untuk memudahkan masyarakat mengakses layanan kesehatan dan pelaksanaan operasional di pusat-pusat layanan kesehatan masyarakat secara online (daring) melalui layanan Puja Indah Kesehatan.

"Layanan Puja Indah Kesehatan,  fitur yang disediakan pada aplikasi online/dalam jaringan (daring) adalah pendaftaran, administrasi dan perasional Puskesmas, data dan informasi pasien, ketersediaan tenaga kesehatan, farmasi, ruangan dan Poli Rawat Inap.

Sedangkan best pratice (praktik-praktik yang baik) bidang kesehatan menurut Kepala Balitbang ini yaitu Germas, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), bedah rumah, Posyandu Lansia, lingkungan bersih dan dehat serta bakti sosial masyarakat oleh lembaga keagamaan.

Penulis: fendi. Editor: aan.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!