Tebingtinggi, hetanews.com - Bekerja dan berkarya itu harus yang dilakukan para pengrajin batik Kota Tebingtinggi dan melakukan dengan hati dan cinta.

Di mana suatu saat nanti itu akan mampu menghasilkan karya yang luar biasa berasal dari Tebingringgi.

"Untuk itu para pengrajin batik harus lebih banyak berlatih dan nantinya akan mampu berkreasi dan berinovatif menghasilkan batik-batik yang punya ciri khas Tebingtinggi, kami dari BE KRAF Kementrian akan senantiasa siap memberikan bimbingan," sebut Direktur Eksekutif Ekonomi Kreatif, Popy Syahfitri.

Ini disampaikan pada bimbingan teknis (bimtek) pengembangan desain batik Tebingtinggi yang dibuka anggota DPR RI dari Komisi X, Sofyan Tan, Rabu(9/5/2018) di aula Hotel Amanda yang diikuti 50 orang pebatik dan berlangsung selama 2 hari.

"Kami berharap dengan bintek ini para pengrajin batik Tebingtinggi akan mampu menghasilkan karya yang terbaiknya. Masalah pemasarannya saat sekarang ini bukanlah menjadi persoalan yang susah, jika berkualitas, BE KRAF akan berkenan membantu pemasarannya," ujar Popy.

Sementara itu Wali Kota, Umar Zunaidi Hasibuan mengakui, bahwa pengrajin batik Tebingtinggi masih miskin dengan wawasan, kreatifitas dan motif-motif batik, meskipun sudah ada ciri khas sendiri namun masih perlu di kembangkan lagi.

"Kami berharap kerja sama dengan BE KRAF mengembangkan batik, sekaligus mendukung program pembangunan Tebingtinggi menjadi kota jasa perdagangan. Kami berharap pelatihan ini tidak hanya kali ini saja dilakukan BE KRAF pada pengrajin batik Tebing Tinggi dan akan terus berlanjut," sebut Umar.

Sofyan Tan menyampaikan, kedatangannya bersama Direktur Eksekutif Ekonomi Kreatif dan tenaga ahli batik untuk memenuhi janji kepada Wali Kota  dan masyarakat Tebingtinggi.

"Saya senang dan bangga terhadap Wali Kota yang mampu menyerap aspirasi warganya. Keinginan masyarakat yang disampaikan kepada Wali Kota Umar Zunaidi Hasibuan dan diteruskan kepada saya, layak dan sangat pantas untuk diberikan dukungan. Apalagi Tebingtinggi menjadi sebuah kota transit dari daerah destinasi wisata Sumatera Utara. Kita akan berupaya semaksimal mungkin para wisatawan akan mau singgah di Tebingtinggi," papar Sofyan Tan.

Dikatakannya, dengan jujur, inspiratif, tulus, universal (jitu) dan fokus serta komitmen produk-produk hasil karya warga Tebingtinggi, termasuk batiknya akan mampu menjadi penghasil devisa buat negara dan terpenting bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Untuk pengrajin batik Tebingtinggi diharapkan teruslah berkreasi dengan tetap mengikuti trend, produknya selalu up to date dan bisa digunakan semua orang," sebut Sofyan Tan.