HETANEWS

Korban Pembakaran Sang Pacar Harus Operasi Plastik

Dellisa Ayu Latifa sewaktu masih sehat. TRIBUN MEDAN/M ANDIMAZ

Medan, hetanews.com- Irwanto alias Iwan Kincit (36) gelap mata terhadap pacarannya Dellisa Ayu Latifa  (16), hanya karena masalah cemburu.

Pria duda ini, tega menyiramkan minyak jenis pertalite dan membakar pacarnya, DAL di dalam rumah teman korban, di Jalan RPH, Mangaan 1, Lingkungan 11 Gang Sukamaju, Kelurahan Mabar, Kecamatan Medan Deli, Senin (7/5/2018) lalu.

Akibatnya, DAL mengalami luka bakar serius, hingga mencapai 65 persen akibat dibakar menggunakan minyak jenis pertalite.

Terkait cara penyembuhan korban, salah seorang dokter umum dari PMI Kota Medan, dr Sri Sundari mengatakan, korban DAL harus dirawat secara intensif.

Mulai dari memberikan antibiotik dan luka menggelembung dibagian kulit yang berisi air harus dipecahkan, untuk mengeluarkan cairan, membuangnya dan membalut lukanya.

"Kalau korban mau benar-benar sembuh ya mesti operasi plastik, tapi itu tergantung luas lukanya," kata dr Sundari lewat sambungan telepon seluler, Rabu (9/5/2018).

Baca Juga: Gadis Dibakar Pacar Hidup-hidup di Medan, Sempat Berlarian Minta Tolong dengan Tubuh Terbakar

"Karena kulit lama harus digantikan dengan kulit yang baru. Seperti disayat satu lembar bagian kulit yang rusak. Tapi itu juga tergantung parahnya luka,"tambahnya.

Lebih lanjut, dokter berkacamata ini menjelaskan, biasanya sebelum dilakukan operasi, korban akan diajak konsultasi sama dokter bedah plastik dan si dokter yang menentukan, bagaimana cara penanganan yang terbaik dalam menyembuhkan bekas luka bakar tersebut.

"Biasanya tidak bisa sekali operasi, tapi harus bertahap. Nanti bagian mana yang dikira mengganggu bentuk akan direkonstruksi ulang, mana yang perlu operasi. Karena ini kan permasalahan terhadap estetika,"pungkas Sundari.

 

Sumber: tribunnews.com

Editor: gun.