Siantar, hetanews.com - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Siantar, fasilitasi pernikahan pasangan Ngatemen dan Siska Ramayani, warga Kelurahan Tambun Nabolon, Kecamatan Siantar Martoba.

Pernikahan ini disaksikan Wali Kota Siantar, Hefriansyah, pada stand Kemenag, di Lapangan Adam Malik, lokasi pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 50, Rabu (9/5/2018).  

Setelah prosesi pencatatan nikah dan ijab kabul, sebagai saksi, Wali menyampaikan nasehat pernikahan, yang intinya mengharapkan kepada pengantin untuk menjadi keluarga yang bahagia, menghormati orang tua dan mendapatkan keturunan putera atau puteri yang baik, sehat dan soleh/solehah.

Sementara itu, Kakan Kemenag, Abdul Rahman Harahap mengatakan, Kantor Urusan Agama (KUA) sebagai lembaga pencatat perkawinan memiliki fungsi penting untuk mewujudkan kemaslahatan umum, khususnya kepastian dan jaminan perlindungan hukum bagi keluarga muslim terhadap akibat yang ditimbulkan oleh perkawinan. 

Wali Kota Siantar, Hefriansyah bersama istri saat foto bersama dengan kedua mempelai. (foto/tom)

Selain melayani proses administrasi perkawinan, kerja KUA juga berhubungan langsung dan bahkan hidup bersama dengan tradisi dan norma masyarakat.

"Kemenag mempersiapkan sekaligus memfasilitasi tempat pelaksanaan pencatatan nikah, sekaligus dengan ijab Kabul," ujarnya. 

Kepala KUA Kecamatan Siantar Martoba, Amrial Saragih mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memberikan pelayanan prima, yang secara langsung dapat disaksikan dan dinikmati oleh masyarakat di arena MTQ ke 50 tingkat Kota Siantar.

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh Muhammad Yarham dan doa oleh Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Mustafa Kamal Siregar.

Acara yang berlangsung baik dengan penuh keakraban dan kekeluargaan tersebut saat festival nasyid, di arena MTQ ke 50 tingkat kota Siantar sedang berlangsung dihadiri Ketua TP PKL, Syahputri Hefriansyah, keluarga kedua mempelai, KUA se Kota Siantar dan lainnya.