HETANEWS

Pemkab Asahan Gelar Ekspos Kegiatan Penilaian Desa

Peserta yang menghadiri kegiatan ekspos penilaian lanjutan evaluasi perkembangan desa. (foto/heru)

Asahan, hetanews.com - Ekspos kegiatan penilaian lanjutan evaluasi perkembangan desa dan perlombaan desa terbaik tingkat Kabupaten  tahun 2018 digelar Pemkab Asahan berlangsung di pendopo rumah dinas (rumdis) Bupati, Selasa (8/5/2018).

Hadir dalam kegiatan itu, Kepala Dinas (Kadis) PMD, Ketua TP PKK Kabupaten Asahan, Camat dan Kepala Desa serta Ketua TP PKK Desa yang mengikuti perlombaan desa terbaik tingkat Kabupaten Asahan tahun 2018.

Bupati Taufan Gama Simatupang dalam pidatonya yang dibacakan Kepala Dinas PMD, Syamsuddin mengatakan, ini merupakan kegiatan lanjutan perkembangan desa.

"Dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan, diberikan instrumen penilaian sebagai acuan evaluasi perkembangan desa," ujar Syamsuddin.

Menurutnya, instrumen adalah bahan dasar yang bagi pemerintah desa untuk evaluasi diri terhadap perkembangan pemerintah desa. Pasalnya, saat ini pemerintah desa dituntut tidak hanya mengurusi kegiataan kegiatan  rutin pemerintah, akan tetapi dapat memberikan pelayanan yang maksimal pada masyarakat.

Ekspos disampaikan Kepala Desa, Ketua TP PKK Desa dan Ketua LPM Desa yang mengikuti perlombaan desa terbaik.

Ketua Tim Penilaian mengatakan, agar kegiatan ini tidak dijadikan beban dalam mengikuti perlombaan penilaian desa terbaik. Tetapi jadikan perlombaan penilaian desa terbaik ini sebuah amanah dan pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan ini juga merupakan pencapaian status hasil perkembangan suatu desa. Selain itu, juga merupakan penilaian kesejahteraan masyarakat suatu desa.

Sementara itu desa terbaik yakni Desa Subur Kecamatan Air Joman, Desa Sengon Sari Kecamatan Aek Kuasan, Desa Bagun Sari Kecamatan Setia Janji, Desa Perhutaan Silau Kecamatan Pulau Bandring, Desa Sei Silau Timur Kecamatan Buntu Pane dan Desa Tanjung Asri Kecamatan Sei Dadap.

Penulis: heru. Editor: aan.