HETANEWS

Tokoh Pemuda Apresiasi Kinerja Polres Asahan Amankan Pelaku Pengerusakan Besi Jembatan

Sekretaris PKC PMII Sumut, Adit Satria Tanjung (kiri) dan Pembina lingkar mahasiswa Asahan (Lima), Husni Mustofa. (kanan)

Asahan, hetanews.com - Sejumlah tokoh pemuda mengapresiasi kinerja Unit Jatanras Satuan Reskrim Polres Asahan yang berhasil mengungkap pelaku pengerusakan besi jembatan di Jalan Ahmad Yani, Kisaran.

Sekretaris Pengurus Koordinator Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PKC PMII) Sumut, Adit Satria Tanjung kepada hetanews.com, merespon positif ditangkapnya pelaku pencurian besi jembatan itu.

"Unit Jatanras Polres Asahan secara tidak langsung telah menyelamatkan nyawa masyarakat. Jika kita melihat dampak dari pemotongan besi itu, maka kekuatan atau kekokohan jembatan akan berkurang," paparnya, Selasa (8/5/2018).

Karena menurutnya, besi itu merupakan rangkaian dari jembatan. "Bisa kita bayangkan berapa banyak setiap harinya masyarakat yang hilir mudik melintas jembatan. Apabila roboh dan ada yang melintas, maka korbannya adalah masyarakat," ujar Adit Satria 

Aktifis muda ini menyampaikan, dengan penangkapan pelaku itu, berharap pihak terkait di bidang pengawasan jembatan dapat bekerja sama dengan Kepolisian, sehingga kedepanya dapat terpantau. Ini mengingat dampak yang tidak diinginkan bisa saja terjadi.

Keadaan besi yang dipotong di bawah jembatan Jalan Ahmad Yani, Kisaran, Kabupaten Asahan. (foto/heru)

Sementara itu, Pembina Lingkar Mahasiswa Asahan (Lima), Husni Mustofa mengatakan, perlu pengawasan rutin dilakukan pihak terkait. Bahkan akibat kejadiaan dimaksud, pihak terkait juga perlu melakukan pemeriksaan sejumlah jembatan yang ada di wilayah Asahan.

"Kita berharap pemeriksaan dilakukan di setiap jembatan. Terkait penangkapan itu, bukan tidak mungkin terjadk pada satu jembatan saja. Maka perlu kerja sama antara pihak Kepolisian dengan Dinas PUPR Provinsi Sumatera Utara melakukan pengecekan," ujar Husni.

Menurutnya, dengan terungkapnya kasus ini, maka Dinas PUPR mengambil langkah selanjutnya, mengingat jembatan yang dirusak merupakan pmfasilitas umum yang setiap harinya dilalui masyarakat baik pengendara roda dua dan seterusnya.

Ini ditambah menjelang Idul Fitri, maka semakin tingginya arus lalu lintas yang melintas di atas jembatan itu.

Sebelumnya, Unit Jatanras Polres Asahan dipimpin Kanit Jatanras, Ipda Khomaini berhasil mengamankan pelaku pencurian besi jembatan di Jalinsum Jalan Ahmad Yani, Kisaran. Pelaku inisial NF melakukan pencurian dengan menggunakan gergaji besi.

Penulis: heru. Editor: aan.