HETANEWS

Dinkes Labuhanbatu Gelar Workshop Kampanye Imunisasi

Kabid P2P, Daniel H Manurung, saat membuka acara workshop kampanye imunisasi MR. (foto/fendi)

Labuhanbatu, hetanews.com- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Labuhanbatu, Selasa (8/5/2018), menggelar acara workshop kampanye imunisasi MR tingkat kabupaten, di rumah makan Cinedelaras.

"Indonesia adalah prioritas global untuk mencapai eliminasi campak dan rubella, sebab Indonesia merupakan 1 dari 6 negara prioritas dengan jumlah anak tidak/belum diimunisasi terbesar di dunia,"ungkap Kepala Dinas Kesehatan Labuhanbatu, Tinur Bulan melalui Kabid P2P, Daniel H Manurung, saat membuka acara.

Menurut Daniel, Indonesia masuk ke dalam 10 negara dengan kasus campak terbesar di dunia, pada tahun 2010 s/d 2015 jumlah kasus campak sebesar 30.164, kemudian jumlah kasus rubella pada tahun 2010-2015 sebesar 30.463 dan jumlah kasus CRS tahun 2013 sebesar 2.767. 

Dijelaskannya, bahwa Indonesia telah berkomitmen untuk mencapai eliminasi campak dan pengendalian rubella/CSR pada tahun 2020 dan itu sudah menjadi target.

Sedangkan nara sumber, Hetty yang didatangkan dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Ytara pada workshop itu menjelaskan, bahwa tujuan kampanye imunisasi MR ini adalah untuk meningkatkan kekebalan masyarakat terhadap campak dan rubella secara cepat. Kemudian memutuskan transmisi virus campak dan rubella, menurunkan angka kesakitan campak dan rubella serta menurunkan angka kejadian CRS.

Penulis: fendi. Editor: gun.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.