HETANEWS

Sambut Hari Lansia Nasional, Dinkes Labuhanbatu Gelar Berbagai Perlombaan

Salah satu perlombaan memperingati Hari Lansia. (foto/fendi)

Labuhanbatu, hetanews.com - Menyambut Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN), Dinas Kesehatan (Dinkes) Labuhanbatu menggelar sejumlah perlombaan, Selasa (8/5/2018) di halaman Kantor Jalan KH Dewantara.

Ketua Panitia Penyelenggara, Friska E Simanjuntak dalam laporannya menyampaikan, kegiatan tersebut diikuti para lansia dari 11 Puskesmas di Labuhanbatu antara lain, Puskesma Perlayuan, Pangkatan, Janji, Suka Makmur, Labuhanbilik, Kota Rantauprapat, Sigambal, Perbaungan, Lingga Tiga, Tanjung Haloban dan Negeri Lama.

"Ada empat perlombaan yang kita gelar, antara lain, lomba senam, paduan suara, bola dangdut dan baca puisi," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Labuhanbatu, Tinur Bulan dalam sambutannya mengatakan, lomba yang digelar tersebut untuk menyambut HLUN yang diperingati setiap tahunnya tanggal 29 Mei.

"Hari Lansia merupakan upaya untuk memberikan motivasi kepada para lansia, sekaligus pembelajaran bagi kita semua agar mempersiapkan diri menyongsong masa lanjut usia," ucap Tinur.

Pada tahun 2020, kata Tinur, jumlah lansia yang berusia di atas 60 tahun di Indonesia mencapai angka 30 juta jiwa atau sekitar 15,5 persen. Dari jumlah tersebut, menderita penyakit degeneratif atau penyakit yang menyebabkan terjadinya kerusakan pada jaringan organ tubuh yang disebabkan gaya hidup tidak sehat.

"Melalui Hari Lansia ini, mari kita rubah pola hidup kita menjadi lebih sehat lagi. Saya berpesan, kepada orang tua kami agar mengikuti kegiatan senam lansia yang diadakan serentak diseluruh puskesmas atau posyandu lansia," tutupnya.

Penulis: fendi. Editor: aan.

Gunakan tombol di bawah untuk membagikan artikel ini!