HETANEWS

Panwaslu Samosir Gelar Rakernis Penguatan Kelembagaan PPL dan Panwascam

Kegiatan rakernis yang dilaksanakan Panwaslu Samosir. (foto/abidan)

Samosir, hetanews.com - Panwaslu Kabupaten Samosir menggelar rapat kerja teknis (rakernis) penguatan kelembagaan Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) dan Pengawas Pemilihan Lapangan (PPL) pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2018, Senin (7/5/2018) di Aula Hotel Dainang Pangururan.

Kegiatan dimaksud dalam rangka peningkatan kapasitas personil pengawas dalam hal ini PPL dan Panwascam di Dapil I yang mencakup Kecamatan Pangururan dan Ronggurnihuta.

Ketua Panitia, sekaligus Sekretaris Panwaslu Samosir, Sirimrolas dalam sambutannya mengatakan, tujuan dari pelaksanaan kegiatan untuk meningkatkan kapasitas Anggota Panwaslu Kecamatan di Dapil I terkait penugasan dalam Pemilihan/Pemilu.

Sementara Ketua Panwaslu Samosir, Anggiat Sinaga menyampaikan, rakernis ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih komprehensif kepada pengawas dalam memahami prosedur dan teknis pengawasan Pilgubsu 2018 yang sudah memasuki tahapan kampanye.

Rakernis juga diharapkan dapat menyamakan persepsi pengawas dalam menindaklanjuti aturan pengawasan dalam masa kampanye.

“Sebagai bentuk pencegahan pelanggaran pada tahapan kampanye yang sekarang sudah dimulai, Panwaslu bersama jajaran perlu membangun pemahaman bersama tentang prosedur tahapan dan teknis pengawasan Pilkada pada pemilihan Gubernur dan wakil gubernur Sumatera Utara Tahun 2018," kata Anggiat Sinaga.

Pemateri dalam acara, Rianto Nainggolan, anggota Panwaslu Samosir selau Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan antar Lembaga menyampaikan, materinya terkait fungsi koordinasi antar lembaga dalam pengawasan tahapan kampanye pemilihan.

Rianto menyampaikan, bahwa kesuksesan Pilgubsu 2018 tidak lepas dari peran PPL. "Saudara-saudara menjadi ujung tombak Panwaslu dalam mengawal pilkada agar berjalan bersih," kata Rianto.

Ia mengharapkan seluruh PPL di setiap Desa/Kelurahan senantiasa melakukan koordinasi dengan Panwascam dalam pengawasan tahapan Pilgubsu 2018.

Sementara itu Anggiat Sinaga lewat materinya menyampaikan, bahwa prinsip utama dalam pengawasan adalah mengamati, mengkaji, dan melaporkan hasil pengawasan. Selanjutnya hasil pengawasan kampanye dan dana kampanye dilaporkan secara berkala dari tingkat bawah hingga ke atas (bottom up) untuk menunjang tugas dan fungsi pengawasan.

“Jangan sampai kita salah langkah dalam mengambil keputusan dikarenakan data yang tidak akurat,” ujar Anggiat.

Melalui kegiatan ini diharapkan bisa meningkatan konsolidasi data dan laporan hasil pengawasan. Sehingga ke depan, jajaran pengawas Pemilu bisa maksimal menjalankan tugas dalam mewujudkan Pilgubsu yang demokratis sebagaimana yang dicita-citakan. 

Penulis: abidan. Editor: aan.