Siantar, hetanews.com- Masing – masing sekolah tingkat SMA/SMK di Sumatera Utara secara serentak telah mengumumkan kelulusan siswa kelas XII, pada Kamis (3/5/2018) sore.

Seperti di SMA swasta Teladan kota Siantar, sebanyak 186 siswanya, yaitu 113 orang jurusan IPA dan 73 IPS, dinyatakan lulus seratus persen.

Dan bicara hasil nilai Ujian Nasional (UN), jika dibandingkan dengan tahun lalu, maka nilai tahun ini disebut lebih meningkat.

Hal itu dibenarkan Kepala Sekolah (Kasek) SMA Teladan, Sangkot Sitohang MPd, saat ditemui hetanews.com, di ruang kerjanya, Jumat siang (4/5/2018), jalan Singosari no 3 Siantar.

Memang diakui Sangkot, para siswa ada kesulitan saat mengikuti UNBK kemarin, dimana soal mata pelajaran Matematika dinilai terlalu sulit.

Tingkat kesulitannya hampir sama dengan soal SBMPTN, ujarnya.

 “Peringkat pertama hasil UN untuk jurusan IPA atas nama Jihan Sabrina dengan nilai rata – rata 74.75 dan untuk jurusan IPS atas nama Nimas Mayada Putri dengan nilai rata – rata 67.00,”beritahunya.

Masih kata Kasek, pihaknya juga mengucap syukur karena tahun ini, sebanyak 12 orang siswa mereka lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2018.

Para siswa kelas XII SMA Teladan Siantar yang lulus seleksi SNMPTN 2018.

Sangkot juga mengaku bangga atas diterimanya siswa terbaik mereka tersebut, masuk ke beberapa PTN ternama di Indonesia.

Menurutnya, yang berhak menerima atau tidaknya siswa yang diusulkan mereka tersebut adalah masing – masing PTN dan pihak sekolah hanya sebatas bermohon dengan memenuhi persyaratan yang dimintakan pihak PTN bersangkutan.

Atas nama sekolah, lanjut Sangkot, dia mengucapkan selamat kepada para siswa yang lulus seleksi tersebut dan berharap agar siswa yang lulus seleksi memanfaatkan peluang itu sebaik – baiknya.

“Kesempatan berharga ini harus diambil para siswa yang lulus. Agar  tidak di black list oleh PTN terkait dan supaya adik kelas mereka mengikuti jejak mereka dan jumlahnya lebih banyak lagi yang lulus SNMPTN untuk tahun mendatang,”harap Sitohang.

Sedangkan bagi siswa yang belum diterima lewat SNMPTN, dia  berpesan agar jangan langsung menyerah karena dalam waktu dekat ini, ada SBMPTN menanti dan termasuk sekolah kedinasan, seperti STAN atau Akpol, yang juga menjanjikan masa depan lebih cerah.

Seperti diketahui, bahwa seleksi SNMPTN yang digelar setiap tahunnya, merupakan seleksi yang dilakukan masing – masing PTN di Indonesia dengan cara menilai rapot para siswa yang dikirimkan masing – masing sekolah (SMA sederajat,red).

Berikut nama – nama siswa SMA Teladan Siantar yang lulus SNMPTN 2018:

  1. Deskristina Siregar: Universitas Negeri Medan. Program Study Pendidikan Teknologi Informatika dan Komunikasi
  2. Jihan Sabrina: Universitas Sumatera Utara. Program Studi Teknik Elektro
  3. Ruth Yesica Simarmata: Universitas Jember. Program Studi Ilmu Hukum
  4. Yesika Setia H Silalahi: Universitas Jambi. Program Studi Kehutanan
  5. Josdi Efrando Saragih: Institut Teknologi Sumatera. Program Studi Teknik Sipil
  6. Tasya Evi Wardani: Universitas Negeri Padang. Program Studi Biologi (NK)
  7. Nia Silvana Purba: Universitas Pendidikan Ganesha. Program Studi Pendidikan Ekonomi
  8. Muhammad Kurniawan: Universitas Malikussaleh. Program Studi Ilmu ekonomi dan studi pembangunan
  9. Rizqi Fadhilah Matondang: Univeritas Negeri Medan. Program Studi Bahasa Inggris
  10. Suci Widya Ningsih: Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati. Program Studi Ilmu Kom. Konst. Jurnalistik
  11. Dewi Junika Damanik: Univeritas Negeri Medan. Program Studi Pendidikan Tata Niaga
  12. Suci Khairani Lubis:Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Program Studi Pengembangan Masyarakat