HETANEWS.COM

Kepala DLH Labuhanbatu Dilantik Jadi Pengurus Saka Kalpataru

Pengurus Saka Kalpataru saat dilantik. (foto/fendi)

Labuhanbatu, hetanews.com - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Labuhanbatu, Kamal Ilham, dilantik Ketua Kwarcab, Siti Awal Siregar, sebagai pengurus Saka Kalpataru periode 2018-2022, Senin (30/4/2018), di Aula Gedung PKK Labuhanbatu.

Usai melantik, Siti Awal mengatakan, gerakan Pramuka Kwarcab Labuhanbatu terus berbenah dan menyempurnakan organisasi, dengan menjalin komunikasi dan kerja sama dengan berbagai instansi pemerintah di tingkat daerah maupun kabupaten. Hingga saat ini telah dilantik 7 Saka di bawah naungan Kwarcab Gerakan Pramuka 05 Labuhanbatu.

"Kita telah memiliki 7 Saka di bawah naungan Kwarcab Labuhanbatu, yaitu, Saka Wira Kartika, Saka Bhayangkara, Saka Kencana, Saka Taruna Bumi, Saka Widya Budaya Bhakti, Saka Bhakti Husada dan Saka Kalpataru yang baru saja dilantik. Perlu kami sampaikan pada tahun 2017, Saka Wanabakti tingkat Nasional menunjuk Kwarcab Labuhanbatu dalam merekrut Saka Wanabakti yang tersebar di seluruh wilayah Kwarcab Labuhanbatu," katanya.

Dia berpesan, mari bersama memberikan dukungan moril maupun materil, walaupun hanya sebuah pohon tetapi sangat bermanfaat bagi penerus kita kelak dan masalah sampah juga harus benar-benar dibenahi untuk penanganannya.

Siti juga mengajak seluruh Kwarcab Labuhanbatu untuk terus menggaungkan dan menyebarkan virus prinsip 7M Pramuka Peduli Pelestarian Lingkungan Hidup.

Perlu diketahui pembentukan Saka Kalpataru ini berdasarkan kerjasama antara Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dan Kementrian Lingkungan Hidup RI yang dituangkan dalam SK Nomor 13/Munas/2013 tanggal 5 Desember 2013. Menindaklanjuti hal tersebut, Saka Kalpataru, yakni, membekali setiap anggota Saka Kalpataru sesuai dengan Krida 3R (Reuse, Reduce, Recycle), Krida Perubahan Iklim dan Krida Konservasi Keanekaragaman Hayati.

Dalam kesempatannya, Ketua Mabi Saka Kalpataru terlantik, Kamal Ilham mengucapkan terima kasih atas amanah yang diberikan dan akan dia jalankan serta kembangkan.

"Masalah sampah akan jadi prioritas kami. Saat ini sudah berjalan pengelolaan bank sampah dan mohon dukungan Kwarcab Labuhanbatu untuk menjadikan Kabupaten Labuhanbatu sebagai kota iIdaman yang bersih dari sampah," katanya.

Adapun susuan pengurus cabang majelis pembimbing dan pengurus Saka Kalpataru Kwartir Cabang 05 Labuhanbatu, masa bakti 2018-2022, yakni, Kamal Ilham sebagai Ketua Mabi Saka, Kabid Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan sebagai Sekretaris, pimpinan Saka, Ketua Murjani Sitepu, Wakil Ketua, Kasi Penegak Hukum Lingkungan, Pamong Saka, Marianto dan Harweny Frisca Siregar.

Selanjutnya Krida 3R, ketua dijabat Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B3, wakil ketua, Kasi Penanganan Sampah, Krida Perubahan Iklim, ketuanya, Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup, wakil ketua, Kasi Kerusakan Lingkungan, Krida Konservasi Keanekaragaman Hayati, ketua dijabat Kabid Tata Lingkungan, dan wakil ketua, Kasi Kajian Dampak Lingkungan.

Acara tersebut ditutup dengan penggalangan dana korban Sinabung oleh seluruh jajaran Ka Kwarcab Labuhanbatu yang berhadir.

Didapati hasil penggalangan dana tersebut, sebesar Rp 1.013.000,000', serta peresmian sanggar Kalpataru dan penanaman pohon oleh Siti Awal Siregar, di Dinas Lingkungan Hidup Labuhanbatu dan diharapkan dapat bermanfaat bagi generasi muda kedepan.

Penulis: fendi. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!