HETANEWS

Putra Terbaik Simalungun Terpilih Sebagai Pasukan Keamanan PBB

 AKP Daniel Artasasta Tambunan bersama penguji dari UNDPKO. (foto/zai)

Simalungun, hetanews.com - Putra terbaik di Kabupaten Simalungun, AKP Daniel Artasasta Tambunan, terpilih sebagai Pasukan Kepolisian Keamanan Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) yang berkedudukan di Amerika Serikat. 

AKP Daniel yang saat ini masih menjabat Kapolsek Perdagangan resor Simalungun terpilih karena telah menunjukkan  kemampuaninya hingga dinyatakan lulus sebagai Pasukan Keamanann PBB.

Pria muda berusia 29 tahun yang juga alumni SMA Budi Mulia Kota Siantar tahun 2005 itu dalam waktu dekat ini direncanakan akan berangkat dalam misi Internasional PBB.

Informasi dihimpun, Senin (30/4/2018), PBB akan menempatkannya sebagai personil perdamaian dunia di negara-negara konflik seperti, Sudan, Haiti, South Sudan, Mali dan Afrika Tengah bersama 80 putra/i terbaik Indonesia lainnya.

Sosok jebolan Akpol 2009, yang sangat bersahabat dengan para awak media serta masyarakat itu juga memberikan arti tersendiri bagi anggotanya tak lama lagi akan meninggalkan Polsek Perdagangan untuk mengemban tugas negara yang telah diamanahkan jauh ke negeri orang.

Penelusuran karier Daniel, dalam menempuhnya kerap menunjukkan dedikasinya dalam ilmu pengetahuan, disiplin kerja, etos kerja, dan terobosan-terobosan baru sebagai orientasi perwujudan bentuk Polri Promoter.

Ini sudah ditunjukkannya dan dilaksanakan sebagai bentuk tanggung jawab anggota Polri, walaupun basic pendidikan dan pengalamannya adalah seorang Perwira Brigade Mobil (Brimob).

Diketahui sudah sejak hampir 1 tahun yang lalu, Daniel mencoba kemampuannya untuk menjadi salah salah satu yang terbaik agar bisa bergabung di dalam Pasukan Perdamaian PBB. 

Ujian demi ujian sudah dilaluinya, sehingga kurang lebih 1 minggu, Daniel pun kembali dipanggil untuk mengikuti ujian Individual Police Officer (IPO) di Jakarta. 

Hasilnya pun memang patut diacungi jempol oleh masyarakat Kabupaten Simalungun. Pasalnya dari 220 orang putra-putra Indonesia yang mengikuti, Daniel lulus bersama 80 orang rekannya yang lain.

Kerap kali seorang Daniel ketika bertemu dengan awak media memberikan masukan, saran tentang attitude seorang jurnalis. Daniel pun berulang mememinta agar awak media mencoba berkarya jurnalis dalam bentuk tulisan bahasa asing. Terutama dalam Bahasa Inggris.

Tak hanya mengajak, Daniel juga bersedia menjadi tutor dan nara sumber karya jurnalis awak media ini. 

Dia adalah sosok yang memang memiliki ilmu dan kemampuan yang luar biasa.

Dan pastinya kedepannya, selain akan bergabung menjadi bagian dalam United Nation Deployment Peace Keeping Operations (UNDPKO), tentunya akan kembali menunjukkan kemampuannya dalam prestasi, sehingga menjadi seorang pimpinan di tubuh institusi Polri.

Penulis: zai. Editor: aan.