Mon 20 Aug 2018

Puluhan Ribu Orang Ikuti Perayaan Paskah Nasional di Tobasa

Antusias masyarakat Tobasa saat menyambut Pawai Obor Paskah. (foto/frengki)

Tobasa, hetanews.com - Obor Paskah Nasional tiba di Balige, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) disambut langsung panitia nasional dan panitia lokal, Sabtu (28/4/2018).

Setibanya rombongan di Balige, tepatnya di rumah dinas Bupati kembali diarak menuju Kecamatan Laguboti menggunakan iring-iringan kenderaan dinas Pemerintah Provinsi dan Daerah.

Masyarakat antusias menyambut Obor Paskah Nasional di pinggir jalan raya, seraya mengucapkan 'Horas' atas sampainya obor tersebut di Tobasa.

Suasana Perayaan Paskah Nasional di Kabupaten Tobasa. (foto/frengki)

Kirab Obor Paskah Nasional melintasi  3 pulau yaitu Pulau Sulawesi, Pulau Jawa dan Pulau Sumatera. 

Perjalanan Obor Paskah ini dari Pulau Sulawesi sampai ke Pulau Sumatera tepatnya di Provnsi Sumatera Utara sampai ke Tobasa memakan waktu selama 41 hari. 

Paskah ini digelar di 7 Kabupaten yakni Samosir, Dairi, Humbahas, Tapanuli Utara, Tobasa, Simalungun dan Karo yang mengelilingi Danau Toba. Awalnya dibuka di Samosir dan ditutup di Tobasa.

Tarian Tor-tor Batak menyambut Perayaan Paskah Nasional. (foto/frengki)

Pada puncak Obor Paskah yang dilaksanakan di Tobasa berlangsung meriah, sehingga Pemkab Tobasa dan Wakil Gubernur Sumatera Utara, Nurhajizah Marpaung kagum melihat acara itu. Karena yang mengikuti acara Paskah Nasional itu ada puluhan ribu orang. 

Acara Paskah ini di lmerihkan tortor Batak, marcing band dan musik tiup sangkakala. Tampil juga artis ibu kota Jakarta seperti Jack Marpaung, Dewi Novita Marpaung dan Nabasa Trio. 

Penulis: frengki. Editor: aan.