HETANEWS

Hari Kesiapsiagaan Bencana, Pemkab Karo Gelar Simulasi Pemadaman Api

Simulasi pemadaman api di halaman Kantor Bupati Karo, Kamis (26/4/2018), sebagai rangkaian dari peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB). (foto/charles)

Karo, hetanews.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo menggelar simulasi pemadaman api, di halaman Kantor Bupati, Kamis (26/4/2018), sebagai rangkaian dari peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB).

Yang mana 2017 lalu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menjadikan tanggal 26 April, sebagai HKB bertepatan dengan lahirnya Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana. Ini dilaksanakan tanggal 26 April.

Bupati Karo, Terkelin Brahmana, selaku Inspektur Upacara menyampaikan, bahwa kegiatan memperingati HKB bertujuan untuk mendorong pencegahan timbulnya korban jiwa akibat bencana.

Begitu juga untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap ancaman, kapasitas dan risiko bencana di lingkungan sekitarnya.

Dikatakannya, momen HKB yang diisi dengan simulasi pemadaman api, atraksi pemasangan tenda dari BPBD Karo, atraksi Palang Merah Remaja, SMAN 1 Tiganderket yang dilanjutkan dengan pelepasan pawai kendaraan HKB, melibatkan Palang Merah Indonesia (PMI), Tagana, Pramuka, para pelajar, masyarakat sekitar, TNI/Polri, Satpol PP, Damkar dan PMR dapat ditingkatkan latihan secara terpadu dalam menghadapi bencana. Sehingga harapannya dapat meningkatkan kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat daerah.

“Targetnya dapat mewujudkan masyarakat yang tangguh bencana. Khususnya di daerah yang rawan terjadi bencana. Upaya kesiapsiagaan menjadi kunci keselamatan ketika terjadi bencana. Dalam artian, kesiapsiagaan yang dilakukan untuk mengantisipasi bencana melalui pengorganisasian serta melalui langka tepat guna dan berdaya guna. Menghadapi bencana melalui pelatihan secara bertahap, bertingkat dan berkelanjutan,” kata Terkelin.

Ia menghimbau, semua pihak untuk bersiap diri menghadapi kedaruratan bencana, meningkatkan kesiapsiagaan, menciptakan budaya aman, serta mengurangi korban jiwa akibat bencana.

Apel peringatan HKB ini diikuti unsur BPBD, Danyon 125/SMB, Letkol Inf Victor Tjokro, perwakilan Unsur FKPD Karo, pimpinan OPD, TNI/Polri, Satpol PP, Damkar, PMR dan pelajar, dengan engambil thema "Siaga bencana dari diri kita, keluarga dan komunitas”.

Penulis: charles. Editor: gun.