Medan, hetanews.com - Pemerintah Kota (Pemko) Medan memperoleh penghargaan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) atas inovasi pelayanan publik E- Government.

Penghargaan ini diberikan Gubernur Sumut, Tengku Erry Nuradi kepada Wakil Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, pada Upacara Hari Otonomi Daerah XXII tingkat Provinsi Sumut, di Kantor Gubernur Sumut, Kamis (26/4/2018).

Selain Kota Medan, 5 Kabupaten /Kota juga memperoleh penghargaan itu, diantaranya, Kota Binjai, Kabupaten Pakpak Bharat, Kabupaten Deliserdang, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) dan Kabupaten Tapanuli Utara (Taput).

Gubsu Tengku Erry Nuradi mengatakan, penghargaan yang diberikan kepada Kabupaten/Kota telah berinovasi pada pelayanan publik E- Government ini, sebagai apresiasi atas kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dalam memberikan pelayan terbaik bagi masyarakat.

"Upaya peningkatan kinerja pelayanan publik berbasis e-Government, akan dapat mewujudkan tata kelola pemerintahan daerah yang baik dan aparatur pemerintah daerah yang bersih," kata Erry.

Gubsu yang membacakan amanat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahyo Kumolo mengatakan, hari Otonomi Daerah harus dijadikan momentum evaluasi perkembangan kinerja masing-masing daerah. 

“Setiap Pemerintah Daerah harus senantiasa berupaya untuk meningkatkan kinerja untuk mengatasi berbagai hambatan dalam pelaksanaan Otonomi Daerah. Dalam pelaksanaan Otonomi Daerah, Pemda harus senantiasa fokus pada upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat, melalui kualitas pelayanan publik," ujarnya.

Ia berharap,  penghargaan ini dapat menjadi motivasi bagi Kabupaten/ Kota yang belum berinovasi terutama berinovasi terutama di bidang teknologi informasi.

"Mari Pemerintah Kabupaten/Kota jadikan momentum Hari Otonomi Daerah ini terus meningkat kinerja dan berinovasi," jelasnya.

Wakil Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, mengatakan, atas nama Pemko Medan mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang telah diberikan Pemprovsu.

"Penghargaan ini merupakan motivasi kami untuk terus berinovasi dan meningkatkan kinerja melayani masyarakat dengan baik dengan memanfaatkan teknologi informasi," sebut Akhyar.