HETANEWS.COM

Togar Sitorus: Tetap Mewaspadai Segala Bentuk Bencana

Wakil Wali Kota Siantar, Togar Sitorus, saat memimpin upacara peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB), di Lapangan Subden II/B Brimob, Jalan Jendral Ahmad Yani Siantar, Kamis pagi (26/4/2018).

Siantar, hetanews.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan instansi terkait agar terus meningkatkan upaya mitigasi bencana dengan terus melakukan kegiatan sosialisasi dan pemberdayaan masyarakat.

Demikian dikatakan Wali Kota melalui Wakil Wali Kota Siantar, Togar Sitorus, saat memimpin upacara peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB), di Lapangan Subden II/B Brimob, Jalan Ahmad Yani, Kamis (26/4/2018).

Togar mengingatkan semua pihak untuk tetap mewaspadai segala bentuk bencana, karena bencana datang tiba-tiba dan tak terduga.

"Oleh karena itu, kesiap siagaan pemerintah dan masyarakat dalam mengantisipasi bencana sangat penting agar penanggulanganya dapat dilakukan secara cepat dan tepat," katanya.

Faktor yang paling menentukan untuk menyelamatkan diri dari bencana, menurut Togar, adalah kesiapsiagaan diri sendiri.

"Maka untuk mengantisipasi segala bentuk ancaman bencana sangat penting, dan harus segera disosialisasikan. Dehingga masyarakat mampu merespon secara cepat dan tepat, ujarmya.

Kepada BPBD dan instansi terkait agar terus meningkatkan upaya mitigasi bencana dengan terus melakukan kegiatan sosialisasi dan pemberdayaan kepada masyarakat, menyebarkan peta rawan bencana, meningkatkan kapasitas dan kemampuan aparatur, meningkatkan komunikasi dan koordinasi dengan instansi terkait.

"Juga melakukan uji lapangan evakuasi mandiri secara berkala, serta melakukan penanaman pohon dan rumput penahan longsor," pesan Togar. 

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD kota Siantar, Daniel Siregar melalui Sekretaris, Irwansyah melaporkan, tujuan pelaksanaan kegiatan untuk membangun kesadaran dan kewaspadaan masyarakat terhadap bencana dengan cara membangun kapasitas dan kapabilitas semua pihak.

Irwansyah menambahkan, peringatan HKB mengangkat thema, “Siaga Bencana Dimulai Dari Diri Kita, Keluarga dan Komunitas”.

Dan atraksi dari personil satgas BPBD Siantar untuk menyemarakkan acara.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Dandim 0207/Simalungun diwakili Pabung Kodim, Mayor Inf J Tambunan, Kapolres Siantar diwakili Kasat Binmas, AKP M Yusuf, Danki Brimob, AKP Yuliana Saputra, para camat, personil Satpol PP, TNI Polri, tim SAR, dan beberapa OPD Pemko Siantar.

Penulis: tom. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!