HETANEWS

Pimpin Apel Operasi Patuh, Ini Penyampaian Kapolres Asahan

Kapolres Asahan, AKBP Yemi Mandagi saat memeriksa apel pasukan didampingi Kanit Laka Lantas Iptu Rusdi. (foto/heru)

Asahan, hetanews.com - Kapolres AKBP Yemi Mandagi, pimpin langsung kegiatan apel pasukan Operasi Patuh 2018, di halaman Mapolres Asahan yang dihadiri  unsur  forkopimda, TNI, tokoh agama dan tokoh masyarakat, Kamis (26/4/2018). 

Kapolres mengatakan, bahwa permasalahan di bidang lalu lintas dewasa ini telah berkembang dengan cepat dan dinamis. Perkembangan transportasi juga telah menginjak era digital. Di mana order angkutan publik sudah berada dalam genggaman.

Modernisasi ini perlu diikuti dengan inovasi dan kinerja Polri, terutama Polantas hingga  mampu mengantisipasi segala dampak yang timbul dari modernisasi tansportasi tersebut.

"Polisi lalu lintas terus berupaya melaksanakan program Kapolri yang disebut prometer," ujar mantan Kapolres Belawan ini. 

Untuk Ops Patuh 2017 kecelakaan lalu lintas, mengalami penurunan sebanyak 9 kejadian atau 52,94 % dibanding tahun 2016 sebanyak 17 kejadian. Korban meninggal Operasi Patuh 2017 sebanyak 6 orang mengalami peningkatan 20 % dibanding tahun 2016 sebanyak 5 orang.

Sedangkan jumlah pelanggaran lalu lintas Operasi Patuh tahun 2017 meningkat 43,32 % sebanyak 3.619 pelanggar dari tahun 2016 dengan jumlah tilang sebanyak 2.097 lembar dan 428 teguran. 

"Dari hasil evaluasi tersebut, bahwa dominasi pelanggaran yang terjadi adalah pelanggaran surat-surat kendaraan, pengguna helm dan pelanggaran rambu-rambu dan marka jalan," ucap Kapolres. 

Diketahui untuk sasaran prioritas Operasi Patuh 2018 kali ini, meliputi pengemudi menggunakan handphone, kendaraan melawan arus, sepeda motor berboncengan lebih satu orang, pengemudi di bawah umur, tidak memakai helm standart, pengemudi menggunakan narkoba dan kendaraan melebihi batas kecepatan yang ditentukan.

"Kita berharap masyarakat Asahan lebih taat peraturan dan lengkapi persyaraatan dalam berkendara. Jangan jadikan beban peraturan itu tapi jadikan amalan hingga kita tetap patuh akan peraturan," ungkap Yemi.

Penulis: heru. Editor: gun.