HETANEWS.COM

Kementerian dan Dinas PUPR Humbahas Gelar Uji Sertifikasi Kompetisi Operator Alat Berat

Tampak para peserta uji sertifikasi operator alat berat mendapat pemaparan dari Kasi Peralatan dan Laboratorium, Gypson Panjaitan. (foto/Rachmat Tinton)

Humbahas, hetanews.com - Pesatnya pembangunan di bidang infrastruktur saat ini menuntut operator alat berat dapat melaksanakan pekerjaan di lapangan dengan profesional.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang) Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Jhonson Pasaribu dalam sambutannya di pembukaan acara uji sertifikasi kompetensi para operator alat berat di lokasi Kantor Dinas PUPR Humbahas, Desa Purba Dolok, Kecamatan Doloksanggul, Rabu (25/4/2018).

Jhonson didampingi Kasi (Kepala Seksi) Peralatan dan Laboratorium Gibson Panjaitan menjelaskan, bahwa setiap tenaga kerja konstruksi wajib memiliki sertifikat kompetensi  sesuai dengan Undang-Undang (UU) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi .

"Jadi ini merupakan ketentuan yang mengharuskan setiap operator alat berat harus profesional dan memiliki sertifikasi kompetensi", kata Jhonson.

Tambah Jhonson, dengan adanya pelatihan ini diharapkan peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan menjadi tenaga kerja konstruksi terampil bidang sipil, arsitektur,  dan lingkungan untuk dapat diaplikasikan pada pekerjaan di lapangan.

Hal senada juga disampaikan Diya Eka Wicaksana dari Balai Material dan Peralatan Konstruksi Kementrian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

Diya mengatakan, tujuan uji sertifikasi kompetensi ini untuk meyakinkan bahwa operator sudah benar-benar memiliki kemampuan secara  profesional yang bisa dijamin kemampuannya. Dengan memiliki sertifikasi kompetensi  ini, para operator sudah diakui secara sah.

Adapun tahapan uji sertifikasi kompetensi ini terdiri dari observasi lapangan dan wawancara singkat.

Total jumlah peserta yang mengikuti uji sertifikasi ini mencapai 81 orang dengan rincian, 30 orang dari  Kabupaten Humbahas, 15 orang dari Dinas PUPR Kabupaten Dairi, dan 26 orang dari BWWS2 (Badan Wilayah Sungai Sumatera 2), dan 10 orang dari PNJ I (Pelaksanaan Nasional Jalan I). 

Penulis: tim. Editor: aan.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan