Asahan, hetanews.com - Kodim 0208/Asahan melakukan silaturahmi dan kegiatan komunikasi sosial (komsos)  dengan aparatur pemerintahan (appem) di 2 Kabupaten dan 1 kotamadya yang ada di wilayah teretorial nya.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan sinergritas dan kerjasama hingga pemerintahan daerah dengan TNI AD dapat mensukseskan program pemerintah di daerah.

Hal itu dikatakan Dandim 0208/AS, Letkol Arm Suhono yang dibacakan Kasdim, Mayor Inf M Nasir Simanjuntak, di aula Kodim 0208/AS, Rabu (25/4/2018). 

Kegiatan itu dihadiri Camat, Lurah dan Kepala Desa (Kades) se wilayah Kodim 0208/Asahan, yakni, Kabupaten Batubara, Kabupaten Asahan serta Kota Tanjungbalai. Ini turut dihadiri para perwira, staff dan Danramil se wilayah Kodim 0208/Asahan.

Tema kegiatan ini, “Melalui komunikasi sosial dengan aparat pemerintah, kita tingkatkan sinergitas dan kerjasama antara TNI-AD dengan pemerintah daerah dalam rangka mensukseskan program pemerintah Republik Indonesia di daerah”.

Dandim kembali menyampaikan, Indonesia hari ini merupakan hasil semangat bela negara dari para pejuang kesuma bangsa.

Menurutnya, bela negara bisa dilakukan melalui pengabdian profesi diberbagai bidang kehidupan masing-masing. Selain itu, bela negara dapat dijalankan melalui kuatnya kemandirian ekonomi, maupun membangun ketahanan budaya.

“Komunikasi sosial merupakan salah satu metode pembinaan teritorial, yang bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan sinergitas dan kerjasama menjalin hubungan silaturahmi dengan segenap komponen bangsa. Dibantaranya dengan aparat pemerintah khususnya dengan aparat pemerintah daerah se wilayah Kodim 0208/Asahan,” ungkap Dandim.

Selain itu diberikan juga beberapa penyampaian materi, berupa kebijakan pimpinan TNI AD tahun 2018 dibidang teritorial oleh kapten Inf JR Sinaga, empat konsensus dasar kehidupan berbangsa dan bernegara oleh Kapten Kav Basri Lubis, wawasan kebangsaan oleh Kapten Inf Syaifullah dan materi laten komunis oleh Kapten Inf Nuryanto.

Dandim berpesan agar melaksanakan tugas  masing-masing dalam kerjasama yang baik dengan dilandasi oleh niat dan keikhlasan serta rasa tanggung jawab yang tinggi.

 "Marilah kita terus membangun diri agar bangsa Indonesia benar menjadi bangsa yang besar dan bangsa yang cerdas dengan dilandasi niat dan keiklhalasan," ujar Dandim melalui Mayor Inf M Nasir Simanjuntak.