HETANEWS

Keturunan Raja Sangnaualuh, Wagner Damanik Sematkan Ulos Pamonting pada Hefriansyah

Wagner Damanik saat akan menyematkan ulos pamoting pada Wali Kota Hefriansyah.

Siantar, hetanews.com - Perwakilan Ahli Waris Raja Sangnaualuh, Wagner Damanik menyematkan ulos pamonting kepada Wali Kota Siantar Hefriansyah Noor di sela-sela kegiatan HUT Kota Siantar ke 147 di Jalan Pamatang, Kecamatan Siantar Selatan, Selasa (24/4/2018).

Sebelumnya, Pemko Siantar bersama Forum Komunikasi Daerah berziarah ke makam Raja Sangnaualuh di Pamatang, bersama Ahli Waris Raja Sangnaualuh Damanik.

Wagner Damanik dalam sambutanya menyampaikan, adanya kekisruhan yang terjadi baru-baru ini menjelang perayaan HUT di Kota Siantar merupakan sebuah dinamika. Kendati demikian, Kota Siantar tetap menjadi kota yang paling toleran di Indonesia.

"Jadi itu dinamika saja. Tapi, bagus juga untuk menjadi masukan untuk kita. Siantar tetap menjadi kota toleran," kata Wagner.

Wagner mendorong Pemko Siantar agar lebih memperhatikan Sangnaualuh dan budaya Simalungun kedepannya.

Wagner mencontohkan Kabupaten Kutai Kartanegara, yang membangun reward dan penghargaan kepada pendiri kota itu. Sehingga, budaya dan etnis asli di kota itu selalu eksis.

"Sehubungan dengan itu maka tidak salah kalau keturunan Raja Sangnaualuh Damanik saat ini, yaitu Sangnawifi Damanik,l menjadi Raja Siantar. Bukan bermaksud menghidupkan budaya feodal. Tapi memberikan penghargaan dan reward secara  turun temurun kepada Raja Sangnaualuh yang sudah berjasa untuk Kota Siantar," jelas Wagner Damanik

Lanjut Wagner, ia menyinggung pembangunan Tugu Raja Sangnaualuh yang disebut akan dibangun di pintu masuk jalan Pematang, berbatasan dengan Jalan Diponegoro. Selain rencana pembangunan tugu, gedung Yayasan Raja Sangnaualuh Damanik pun diminta agar dilakukan pemugaran.

"Seandainya Tugu Sangnaualuh dibangun di pintu masuk (Pamatang) itu, atmosfir Siantar itu kota etnis Simalungun begitu jelas. Dan ini (Pamatang) menjadi home landnya marga Damanik," jelas mantan Kapolres Kutai Kartanegara ini.

Usai memberikan sambutan, Wagner Damanik pun menyematkan ulos Pamonting kepada Hefrianayah Noor. Pada kesempatan itu, Wagner pun menyampaikan, melalui ulos pamonting, Hefriansah lebih bersungguh-sungguh bekerja membangun kota Siantar.

"Ulos ini mengencangkan, memberikan kekuatan supaya kerja kerja dan kerja keras untuk kota siantar," kata Wagner seraya menyematkan pamonting kepada Wali Kota Hefriansyah Noor.

Penulis: gee. Editor: aan.