Simalungun, hetanews.com - Kapolres Simalungun AKBP Marudut Liberty Panjaitan hadiri acara pemakaman Wakapolres Labuhanbatu, Kompol Andi Chandra, Minggu, (22/4/2018) malam di Huta III Nagori Bandar Malela, Kecamatan Gunung Maligas, Kabupaten Simalungun.

Urutan upacara persemayaman diawali dengan persiapan regu pengawal mengambil tempat. Lalu peletakan bendera merah putih di atas peti jenazah kegiatan pelaksanaan komandan upacara mengambil tempat.

Upacara persemayaman dimulai dengan penyerahan jenazah dari keluarga almarhum, penerimaan jenazah dan penghormatan kepada jenazah oleh Inspektur Upacara (irup). Belanjut laporan Danup kepada Irup bahwa upacara telah dilaksanakan dan selanjutnya jenazah siap diberangkatkan.

Pemberangkatan jenazah dengan penghormatan kebesaran dan pemberangkatan jenazah dipimpin Danup. Jenazah diusung menuju kendaraan dengan langkah perlahan dilanjutkan dengan upacara pemakaman.

Prosesi pemakaman jenazah almarhum Kompol Andi Chandra.

Jenazah tiba di pemakaman yang dihadiri sekitar 1.000 orang di antaranya Kapoldasu Irjen Pol Paulus, PJU Polda Sumut, Danrem 022/PT Kolonel Arm Hairul Hadi, Bupati Labuhanbatu, Pangonal Harahap, Dandim 0207/Simalungun Letkol Inf R Talu Padang, Kapolres Simalungun AKBP Marudut Liberty Panjaitan, Kapolresta Siantar, AKBP Doddy Hermawan, Kapolres Batubara AKBP Dedy Indrianto, Kapolres Deliserdang, para Danramil dan Kapolsek se Kabupaten Simalungun, personil Polres Simalungun dan Kodim 0207/Simalungun, keluarga maupun masyarakat sekitar.

Upacara pemakaman jenazah almarhum langsung digelar di halaman rumah duka, setelah datangnya Kapoldasu beserta rombongan.

Prosesi pemakaman dipimpin sebagai Irul Karo SDM Poldasu, Kombes Pol Ketut Suwardana secara simbolis menerima jenazah almarhum oleh pihak keluarga Aiptu Suryantoro.

Penghormatan terakhir kepada jenazah almarhum langsung diberikan seluruh personel Kepolisian dan masyarakat yang hadir.

Kapolres Simalungun AKBP Marudut Liberty Panjaitan saat menghadiri pemakaman Kompol Andi Chandra.

Usai melakukan penyerahan jenazah, pemberian hormat, acara diakhiri dengan pemberangkatan jenazah dengan diiringi tembakan salvo ke udara.

Dengan ditumpangkan ke mobil ambulance, jenazah almarhum dibawa ke Pemakaman Umum (TPU) di Nagori Bandar Malela, Kecamatan Gunung Maligas.

Gelaran prosesi pemakaman secara kepolisian pun kembali digelar di TPU Nagori Bandar Malela.

Letusan senjata dengan peluru hampa kembali diletuskan oleh pasukan pengantar jenazah. Dilanjutkan gema takbir dan lantunan doa untuk almarhum dilantunkan di area pemakaman diiringi Isak tangis dari pihak keluarga dan para kerabat.