Mon 20 Aug 2018

Warga Desa Pararungan dan Panamparan Antusias Ikuti Pengobatan Gratis

Warga Desa Pararungan, Desa panamparan dan desa tetangga lainnya antusias mengikuti pengobatan gratis, di komplek Gereja HKBP Panamparan, Minggu (22/4/2018). (foto/frengki)

Tobasa, hetanews.com - Pemkab Toba Samosir (Tobasa) melaksanakan pengobatan gratis di 2 desa selama 2 hari di Kecamatan Habinsaran.

Sabtu (21/4/2018) lalu, dilaksanakan di Dusun Lumban Tala, Desa Pararungan dan Minggu (22/4/2018) di Dusun Siliat Liatan, tepatnya di komplek Gereja HKBP Panamparan Resort Sitorang, Desa Panamparan.

Plt Kadis Kesehatan, Juliwan Hutapea menjelaskan, pengobatan di Dusun Lumban Tala, Desa Pararungan, dimulai pukul 10.00 WIB.

"Warga masyarakat Desa Pararungan yang mengikuti pengobatan gratis sebanyak 80 orang dan dari hasil pemeriksaan tim dokter, rata-rata warga hanya mengidap penyakit hipertensi dan maag," terangnya.

Di Panamparan, pengobatan gratis dilaksanakan seusai kebaktian Minggu dan pesta pembangunan gereja HKBP Panamparan Resort Sitorang selesai.

Dalam pengobatan gratis yang dilakukan, Pemkab Tobasa menurunkan dokter sebanyak 5 orang, yakni, Freddy Sibarani, Daslan Simanjuntak, Chandra Siagian, Hery Wahyudi dan Tihar Hasibuan, dibantu petugas medis dari Dinkes dan bidan desa setempat yang dipimpin langsung Plt Kadis Kesehatan, Juliwan Hutapea.

Baca Juga : Masyarakat Panamparan Terharu, Bupati Tobasa Mau Bermalam di Rumah Warga

Terpisah, warga setempat mengaku sangat senang pengobatan gratis dilakukan di desanya. Kedepan diharapkan dapat dilakukan secara rutin, khususnya di desa-desa terpencil yang Poskesdes atau Puskesmas-nya jauh dari domisili penduduk.

Hal ini dikatakan karena tidak semua warga dapat menjangkau akibat kondisi jalan dan jaraknya yang jauh.

"Itu harapan kami warga yang tinggal di desa yang jauh dari poskesdes dan puskesmas," ujar warga.

 

 

Penulis: frengki. Editor: gun.