HETANEWS

Pelantikan Pejabat Eselon III dan IV Pemko Siantar Diwarnai Protes dari Kompasn

Komunitas Peduli ASN (Kompasn) saat menyampaikan protes atas acara pelantikan pejabat eselon III dan IV di lingkungan Pemko Siantar, Jumat (20/4/2018). (foto/tom)

Siantar, hetanews.com- Acara pelantikan pejabat eselon 3 dan 4 berjumlah 80 orang di lingkungan Pemko Siantar oleh Wakil Wali Kota Siantar, Togar Sitorus, diwarnai aksi protes dari Komunitas Peduli ASN (Kompasn), Jumat (20/4/2018).

Pada saat gladiresik atau sebelum pelantikan, tampak 3 orang dari Kompasn berdiri, dan ketuanya, Hendrik Sihombing, langsung mengambil microphone, menyatakan keberatan terhadap pelantikan tersebut. 

Saat menyampaikan protes, Hendrik Sihombing menyebutkan, bahwa mereka sudah melakukan pengaduan kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), dan pihak KASN telah mengeluarkan rekomendasi terhadap pengaduan mereka tersebut. "Agar kami diprioritaskan untuk menduduki jabatan, namun tidak satupun diantara kami yang diberikan undangan untuk dilantik hari ini,"sebutnya. 

Wakil Wali Kota Siantar, Togar Sitorus saat melantik pejkabat eselon III dan IV di lingkungan Pemko Siantar. (foto/tom)

Diapun menyatakan keberatannya terhadap pelantikan tersebut, "Kita sebagai pegawai negeri harus taat terhadap undang-undang, namun ini sudah tidak sesuai dengan undang-undang, dan kami harap pelantikan ini dibatalkan, "katanya. 

Setelah berbicara, kemudian mereka meninggalkan ruangan pelantikan, dan ternyata pelantikan tersebut tetap dilakukan.

Sekitar 80 orang pejabat eselon 3 dan 4 dilantik, diantaranya, ada 1 Camat, yakni, Camat Siantar Marihat yang saat ini diduduki Hendra Simamora, yang sebelumnya Lurah Suka Dame, dan Kabag Humas menjadi Hamam Soleh. 

Sekda Kota Siantar, Budi Utari Siregar saat memberikan penjelasan kepada wartawan. (foto/tom)

Kata Wakil Wali Kota, Togar Sitorus, bahwa dirinya sudah mengetahui soal rekomendasi KASN tersebut. "Nanti Sekda akan berangkat ke Jakarta untuk bertemu dengan KASN,"katanya. 

Sekda Kota Siantar, Budi Utari Siregar yang diwawancarai, menyebutkan, dirinya akan menemui KASN pada hari Senin mendatang. "Hari Senin nanti, saya berangkat ke Jakarta dipanggil KASN, nantilah kita lihat, seperti apa rekomendasi dari KASN,"katanya.

Penulis: tom. Editor: gun.