HETANEWS

Ada Waktu 2 Minggu bagi WP Lunasi Tunggakan PKB

Suasana pelayanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor Samsat Siantar. (foto/noto)

Siantar, hetanews.com , Masih ada waktu 2 minggu lagi bagi Wajib Pajak (WP) yang berniat melunasi tunggakan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), tanpa harus membayar denda.

Hal ini menyusul ditetapkannya Peraturan Gubernur Sumatera Utara (Pergubsu) Nomor 10 Tahun 2018, yang mengatur tentang pemberian keringanan bagi WP dengan penerapan penghapusan denda PKB.

Selain menghapuskan denda PKB, melalui Pergub tersebut, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) juga menghapuskan denda Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB).

Terhitung 2 minggu lagi, tepatnya pada 5 Mei 2018 mendatang, program penghapusan denda atau yang dikenal dengan istilah 'pemutihan' ini berakhir.

Seperti amatan hetanews.com, Kamis (19/4/2018), di kantor Samsat Siantar, Jalan Sangnaualuh, Kecamatan Siantar Timur. Sejumlah WP tampak tidak mensiakan program penghapusan denda PKB dan BBNKB.

“Saya ngurus BBNKB, lumayan lah dikasih keringanan tahun ini, jadi enggak terlalu banyak bayar dendanya,”ujar seorang ibu saat dimintai tanggapan.

Sebagai catatan, Pemprovsu sebelumnya telah merealisasikan pelaksanaan Pergubsu nomor 89/2017 tentang Pemberian Keringanan PKB/BBNKB di Sumut yang berlangsung dari 14-29 Desember tahun lalu.

Sebanyak 147.251 kendaraan bermotor semua jenis yang sudah membayar PKB dan BBNKB total capaiannya sekitar Rp 165,85 miliar (PKB) dan Rp 25,18 miliar (BBNKB).

Dengan kebijakan pemutihan denda PKB/BBNKB tahun lalu, jumlah yang terbesar didominasi mobil penumpang  (sedan, jeep dan minibus) dengan pokok PKB yang dibayarkan sebesar Rp 95,9 miliar denda yang dihapuskan Rp 30,9 miliar, dengan jumlah kendaraan 30.033 unit.

Disusul berikutnya, sepeda motor dengan total PKB dibayarkan sebesar Rp 42,264 miliar dan penghapusan denda Rp 20,068 miliar.
 

Penulis: tim. Editor: gun.