Tebingtinggi, hetanews.com - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPU) Kota Tebingtinggi menetapkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara tahun 2018 sebanyak 101.736 pemilih.

Penetapan DPT ini langsung dipimpin Ketua KPUD Tebingtinggi, Abdul Khair, didampingi Komisioner Ridwan Napitupulu, Zulkifli, Wal Ashri dan Bukhori pada rapat pleno terbuka di Bayu Lagoon, Rabu (18/4/2018) sore dihadiri tim pasangan calon (paslon), Panwaslih, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Divisi Data KPUD Tebingtinggi, Ridwan Napitupulu membacakan Berita Acara (BA) penetapan DPT se Kota Tebingtinggi sebanyak 101. 736 pemilih dengan perempuan sebanyak 51.974 orang dan 49.762 orang.

Untuk pemilih di Kecamatan Padang Hulu 18.740 pemilih, Rambutan 22.071 pemilih, Padang Hilir 21.588 pemilih, Bajenis 23.456 pemilih dan Tebingtinggi Kota 15.881 pemilih.

Ketua KPUD, Abdul Khair mengatakan, finalisasi penyusunan DPT Tebingtinggi untuk Pilgubsu merupakan pemutakhiran dari DPHP, DPS hingga DPSHP.

Dalam penyusunan daftar pemilih, KPUD Tebingtinggi dengan jajaran telah bekerja dengan maksimal dan tidak ada niat sama sekali untuk menghilangkan hak pilih.

"Selama 7 bulan lebih menyusun daftar pemilih, akhirnya dapat terselesaikan," ujar Abdul.

Dia juga mengakui banyak kendala-kedala  yang dihadapi penyusunan daftar pemilih, karena data tersebut bergerak seperti pemilih yang pergi atau meninggal dunia. Walaupun dapat terselesaikan semuanya semata-mata untuk mensukseskan Pilgubsu dalam penetapan DPT.

"Bagi masyarakat Tebingtinggi yang belum terdata di DPT masih tetap bisa menyalurkan hak pilihnya pada hari H dengan membawa KTP Elektronik atau Surat Keterangan," ujar Komisioner KPUD, Ridwan.